Import Database SQL Melalui Command Prompt

Dimasa sekarang ini database adalah sesuatu yang sangat penting karena diibaratkan seperti otak manusia yang menyimpan data-data  penting kita, seiring dengan waktu maka cepatnya proses dalam penyajian data bagi seorang programmer adalah merupakan suatu keharusan bukan saja dituntut untuk bisa membuat database tetapi bisa memindahkannya jika diperlukan untuk keamanan data. Bagi programmer muda Cara Import Database SQL Melalui Command Prompt tentunya sesuatu yang sulit

Saat ini saya ingin berbagi bagaimana cara import database melalui Command Prompt. Point utama yang dapat kita ambil bila kita menggunakan import database melalui command prompt adalah :

  • Dapat mengimport database yang mempunyai kapasitas besar karena tidak terlimit.
  • Prosesnya sangat cepat dan mudah walaupun database kita sangat besar kapasitasnya

Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Buka command prompt dengan cara klik tombol Start -> klik Run/Search program and files seperti gambar berikut.

db

2. Ketikan CMD pada kolom Run/Search program and files tersebut dan enter :

db2

3. Siapkan database yang sudah kita eksport sebelumnya beri nama misalkan contoh.sql -> kemudian taruh di drive d. Mengapa di drive D agar memudahkan saja pada saat proses import, lihat gambar berikut ini:

db1

4. Buat dabase SQL di localhost dengan mengetikan dibrowser localhost/phpmyadmin, lalu buat database dengan klik New misalkan buat database test_db klik tombol create seperti gambar berikut ini :

db3

5. Di Command Prompt ketikkan “cd c:\xampp\mysql\bin” lalu tekan enter, lihat gambar berikut ini :

db4

6. Lalu ketik perintah “mysql -u root -p test_db“, dan tekan enter lihat gambar berikut ini :

db5

7. Karena tidak dipasang Password, langsung saja tekan enter :

db6

8. Sekarang ketikan “use test_db” dan tekan enter sampai muncul database changed kembali :

db7

9.Kemudian ketikan “source d:\contoh.sql” tunggu sampai prosesnya selesai :

db8

10. ketikan exit,

Demikian artikel tentang Cara Import Database SQL Melalui Command Prompt untuk cara mengekspor database SQL akan saya informasikan di artikel selanjutnya.Bagaimana cukup mudahkan walaupun tahapannya panjang tapi cara ini sangat praktis dan cepat dalam mengimport database berukuran besar.
Semoga artikel ini bisa membantu dan selamat mencoba, Jangan lupa jika suka atau ada masukan dengan artikel ini bisa isi kolom komentar dibawah. Terimakasih ya Guys….

Tinggalkan Balasan