Menggunakan Fungsi SUM Untuk Menjumlahkan Data di Excel

Bagi kebanyakan orang excel adalah aplikasi yang sangat membantu dalam membuat dan menghitung data baik pada saat dikantor, di sekolah atau di dalam kalangan dunia usaha. Tentunya dengan excel ini anda dapat Menggunakan Fungsi SUM Untuk Menjumlahkan Data di Excel pada semua angka dapat dihitung jumlahnya dengan sangat mudah dan tidak dipungkiri apapun itu jika memang memerlukan perhitungan maka hal yang paling mudah dalam menghitungnya adalah dengan menggunakan kalkulator, tetapi tidak semua data sanggup kita hitung dan sekaligus kita dokumentasikan kedalam lembar kerja kan.

Oleh karenanya jika menggunakan excel maka anda tidak perlu di repotkan dengan penggunaan alat bantu hitung tersebut dan pastinya data akan terhitung dengan cermat dan data anda akan tersimpan dalam lembar kerja/worksheet yang rapi dan teratur.

saya akan membagikan cara menggunakan rumus SUM dan perhatikanlah langkah-langkah dan juga gambar dibawah ini :

  • Cara pertama, dalam menjumlahkan data yang perlu anda lakukan setelah membuat data yaitu dengan cara ketikan cell excel yang akan di munculkan jumlahnya dengan mengetik rumus excel ini “=sum(angka1:angka2)” atau bisa lihat contoh gambar 1 dibawah ini :

Gambar 1
excel1

excel1

  • Cara kedua adalah, arahkan moouse ke dalam celll yang akan dijumlahkan (lihat gambar2), lalu tekan tombol “ALT dan =” bersamaan di cell Jumlah maka akan otomatis terlihat fungsi SUM tersebut dan tekan ENTER (lihat gambar 3) :

Gambar 2

Gambar 3
excel1

Demikian artikel yang berjudul¬† Menggunakan Fungsi SUM Untuk Menjumlahkan Data di Excel ini saya jelaskan pada website jendelamata.com. Semoga artikel ini bisa membantu dan memudahkan pekerjaan anda, sehingga dalam melakukan prakteknya atau pada saat proses pembelajaran excelnya bisa lebih mengerti lagi . silahkan baca artikel selanjutannya dikolom Excel ini. sekian dari saya semoga sukses dan sampai jumpa lagi ya guys…

Tinggalkan Balasan