Menu

21 Mitos Fakta Kehamilan

Mitos Fakta Kehamilan

  1. Makanan Asam Dapat Mengurangi Mual Saat Hamilan

Salah!  Diharapkan pada trimester awal kehamilan. Jika dipindahkan trimester kedua, mual akan berkurang. Tapi, ada sebagian besar kasus, bisa terjadi lebih lama, bahkan hingga trimester dua atau tiga. Bagi sebagian orang, mungkin makan makanan yang dapat mengurangi mual, tetapi tidak ada bukti ilmiah yang mengatasi masalah mual itu sendiri. Rasa asam yang berasal dari lidah, yang mungkin saja dipindahkan rasa mual itu sendiri. Beberapa waktu kemudian (beberapa menit atau jam kemudian), bisa saja mual akan kembali muncul. Faktanya, makanan asam untuk sebagian besar orang dapat meningkatkan produksi asam lambung. Keluhan yang umum dialami saat asam lambung meningkat di antara yang sakit di ulu hati, perut kembung, mual bahkan muntah.Vitamin B6 dipercaya memiliki khasiat dalam mengurangi rasa mual. Dosis yang disarankan untuk wanita hamil adalah 1,9 mg per hari. Jadi ibu hamil dapat mengonsumsi suplemen vitamin B6 untuk mengurangi mual, namun jika keluhan mual sangat mengganggubaiknya segera diperoleh dengan dokter cadangan Anda.

  1. Makanan Yang Asin Dapat Mengurangi Mual Saat Hamil

Salah! Makanan yang asin, atau mengandung kadar garam yang tinggi, lebih mudah, lebih murah, lebih murah, lebih tinggi daripada yang berisiko saat hamil. Kasus ibu hamil dengan tekanan darah tinggi disebut preeklampsia. Jika tekanan darah terlalu tinggi, dapat menghemat biaya eklampsia (kejang saat hamil), yang sangat berbahaya untuk ibu dan janin. Jadi sebenarnya, tidak ada yang membantah antara makanan saat makan untuk tujuan mengurangi rasa mual saat hamil. Justru ibu hamil untuk teratur memeriksakan kehamilannya, termasuk pemeriksaan tekanan darah. Jika ibu hamil memiliki tekanan darah tinggi (140/90 mmHg) maka mudah konsumsi makanan yang mengandung garam, dan segera siapkan ke dokter cadangan.

  1. Ibu Hamil Dilarang Creambath Dan Mengecat Rambut

Salah! Mengecat rambut atau melakukan creambath tidak berdampak buruk asalkan dilakukan dengan benar. Jika Anda memilih untuk mewarnai rambut Anda sendiri, kenakan sarung tangan. Bukalah jendela saat membaca agar sirkulasi udara lebih baik, juga untuk membahas bahan kimia. Lagi pula, ibu hamil pada umumnya lebih sensitif terhadap bau (termasuk bau kucing yang menyengat), sehingga memudahkan ruangan yang baik dan sirkulasi udara yang cukup, dapat mencegah mual. Selain itu, penelitian di luar negeri hanya membahas beberapa zat dari cat warna rambut yang terserap dalam tubuh kita, jadi hal yang paling tidak membawa pengaruh apa pun bagi keluarga.Hanya ibu hamil pengen banget kucing rambut, tapi masih juga ragu-ragu, paling tidak bisa menunggu sampai trimester 2 kehamilan,

  1. Berhubungan Intim Pada Akhir Kehamilan Mempermudah Persalinan

Benar! Jika diterima pas, berhubungan intim memang bisa membantu kontraksi. Jika usia kehamilan dimulai 38-40 minggu dan belum kunjung terjadi kontraksi, hubungan intim boleh saja dilakukan. Penjelasan ilmiahnya adalah, saat berhubungan seks, maka ada beberapa hormon yang akan terangsang. Misalnya hormon oksitosin pada wanita yang dapat dihindari kontraksi. Selain itu, jika ejakulasi dilakukan di dalam vagina, maka cairan sperma, yang mengandung hormon prostaglandin juga dapat membantu kontraksi otot. Namun hal ini dianggap sebagai hal yang bertentangan. Ada beberapa kasus, yang mana di minggu-minggu akhir kehamilan (sekitar minggu 39-41) mereka melakukan hubungan seksual, dan kemudian berhasil! Terjadi kontraksi kehamilan.Tapi apakah itu benar-benar berkat hubungan seks? Ataukah memang sudah selesai pembicaraan dan percakapan saja berbarengan dengan hubungan seks? Intinya, walau tidak kritis dan 100% bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah, tetapi tidak ada salahnya juga mencoba alternatif yaitu hubungan seks di minggu-minggu akhir pekan.

  1. Air Kelapa Membantu Persalinan & Membuat Bayi Putih Bersih

Salah! Jenis dan warna kulit tergantung dari gen yang dimiliki. (Masa jika orang tuanya berkulit coklat? Putih bule?! Hehe). Air Kelapa tidak tersedia dengan warna kulit bayi, atau bayi bersih saat proses lahiran. Ada juga yang percaya bahwa konsumsi air kelapa dapat memperlancar proses persalinan. Ini juga mitos belaka, karena tidak mungkin proses persalinan oleh beberapa faktor (biasa dikenal dengan istilah 3P: Penumpang, kekuatan, Passage). Penumpang berarti “pembawa” yaitu bayi yang akan diterbangkan, kekuatan yang diperlukan ibu untuk mendorong, untuk mendorong bayi keluar, arti bagian jalan keluar bayi, yaitu diberikan panggul ibu.Terkait dengan mitos-mitos yang ada, air kelapa muda sejatinya memiliki banyak manfaat: kandungan elektrolitnya, kandungan antioksidan. Boleh saja ibu hamil minum kelapa muda,

  1. Benarkah Makan Nanas Bisa Sebabkan Keguguran

Salah! Faktanya, buah nanas yang banyak mengandung nutrisi untuk perkembangan janin, seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, natrium, kalium, sukrosa dan serat. Nanas terlanjur dianggap sebagai buah yang bisa menyebabkan keguguran, atau persalinan dini. Padahal, buah ini aman dan sehat untuk dikonsumsi selama hamil. Tidak ada persetujuan medis yang mendukung persetujuan mendukung ibu dan janin. Awal pertimbangan mitos ini adalah karena bromelain, kandungan pada nanas, kandungan dapat memecah protein dalam tubuh dan dikelola dengan perdarahan abnormal. Ini memang benar. Jumlah dalam satu porsi tidak akan ditentukan pada Anda. Faktanya, Anda harus makan di antara tujuh hingga sepuluh untuk ini.Selain itu, isi bromelain paling tinggi terletak di bagian tengah nanas. Jika Anda Tetap hawatir, bisa makan di pinggir nanas saja.

  1. Kata Nenek, Ibu Yang Sedang Hamil Tidak Boleh Minum Kopi

Salah!  American College of Obstetricians dan Gynaecologists mengatakan bahwa kenaikan ini, asupan kafein kurang dari 200 mg, tidak meningkatkan risiko keguguran atau kelahiran prematur. Lebih banyak, ibu yang mengonsumsi lebih dari 300 mg kafein setiap hari lebih banyak dari yang dikeluarkan bayi yang kecil. Adapula studi yang mengutip hipotesis (dugaan) bahwa wanita peminum kopi (peminum hardcore) mungkin juga memiliki kebiasaan lain yang kurang sehat, seperti kebiasaan merokok, minum alkohol, dan lain-lain. “Sulit” untuk masalah ini “kesalahan” Starbucks atau secangkir kopi hitam, padahal ada faktor gaya hidup “kurang sehat” lainnya yang mungkin saja juga memberikan peningkatan pada kehamilan.Jadi kesimpulannya, ibu hamil hanya boleh minum kopi, kopi hitam, frappucino, kopi putih, tanpa kafein, asal pengiriman tidak berlebihan. Satu cangkir kopi tidak akan melukai si jabang bayi. Ingat, tidak lebih dari 200 mg kafein per hari.

  1. Ibu Hamil Harus Makan Dengan Porsi Dua Kali Lebih Banyak

Salah! Besar porsi makan ibu hamil sangat tergantung porsi makan sehari-hari sebelum hamil. Cara yang paling tepat untuk mengetahui tambahan porsi yang ideal adalah melalui kalori dan nutrisi yang dibutuhkan. Karena si janin masih sangat kecil, Anda hanya butuh 300 kalori lebih banyak daripada setiap kali trimester pertama kehamilan. Lalu pada trimester kedua, Anda hanya butuh tambahan 350 kalori setiap dibutuhkan. Sedangkan pada trimester terakhir, tambahan kalori yang dibutuhkan adalah 450 kalori per hari. Sebagai Perhitungan, rata-rata setiap pertemuan kami konsumsi 1500-2000 kalori. Jadi, bisa Anda perkirakan lebih banyak makanan ibu hamil yang ideal untuk Anda berdasarkan informasi di atas.Misalnya, Anda makan 1500 kalori setiap hari, maka pada trimester pertama Anda membutuhkan 20% porsi tambahan (300 kalori) dan lebih dari 30% porsi tambahan pada trimester terakhir (450 kalori). Cara lain untuk mengetahui kalori yang Anda makan adalah dengan membaca label nutrisi pada setiap makanan atau minuman yang Anda konsumsi.

  1. Katanya, Jika Sedang Hamil Dilarang Untuk Menyetir Kendaraan

Salah! Sebenarnya menyetir aman untuk ibu hamil selama hamilnya sehat. Hanya pada trimester ketiga, perut yang makin membesar akan membuat tak nyaman jadi kamu lebih hati-hati. Namun sebenarnya, pada trimester pertama pun, Anda harus waspada karena saat ini saat mual di pagi hari sering melanda sehingga bisa sangat rumit saat menyetir. Banyak sekali ibu hamil (yang masih aktif bekerja) yang masih aktif melakukan pekerjaan sehari-hari, seperti: belanja, bekerja, mengemudi, naik tangga, dan lain-lain. Semuanya aman dilakukan, dengan catatan, jika mulai, lalu diambillah dibuka. Lebih lanjut dikeluarkan trimester 3 kehamilan, dengan semakin membesarnya ukuran perut, mungkin berjalan beberapa ratus meter akan terasa lebih berat.Menyetir juga akan terasa sedikit tidak nyaman. Untuk mengurangi risiko pada wanita hamil, hindari duduk terlalu lama di dalam kendaraan agar bisa melepaskan kaki bengkak karena gangguan sirkulasi darah.

  1. Ibu Hamil Tidak Boleh Berolahraga Selama Kehamilan

Salah! Olahraga memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil, salah satunya untuk menyediakan persalinan. Sebagian besar olahraga aman dilakukan selama kehamilan asalkan Anda lakukan dengan hati-hati dan jangan berlebihan. Olahraga yang paling aman dan produktif adalah berenang, jalan cepat, nyaman pada mesin statistik di dalam ruangan, dan aerobik memperbaiki (jogging), yoga (hindari Bikram atau yoga panas), menari, atau berjalan kaki. Beberapa olahraga yang dirilis merupakan olahraga yang dirilis membuat Anda terjatuh atau terhantam (kickboxing, judo, squash, berkuda, berkendara), serta scuba diving. Untuk kebugaran maksimal, program latihan saat hamil didukung untuk memperkuat otot-otot Anda.Untuk memulainya, selalu lakukan pemanasan dan peregangan selama masing-masing 5 menit. Sertakan latihan kardiovaskular ringan, minimal 10-15 menit. Sekali lagi, jangan sampai terlalu banyak.

  1. Ibu Hamil Sebaiknya Tidak Menyusui Selama Kehamilan Berlangsung

Salah! Rangsangan pada susu yang Anda terima saat melahirkan bayi dapat menghasilkan hormon oksitosin dalam tubuh mana hormon ini dapat digunakan untuk mencegah persalinan prematur (lahir sebelum lahir). Namun, perlu Anda ketahui jumlah hormon oksitosin yang dilepaskan saat Anda menyusui bayi Anda tidak memenuhi jumlah yang cukup untuk mendapatkan persalinan. Dibutuhkan, Anda tidak perlu khawatir akan melahirkan prematur saat Anda merawat. Anda dapat membayar saat hamil hanya jika Anda dapat membayar sehat oleh dokter dan harus membayar jika dokter mengijinkan demikian. Menyusui saat hamil tidak dapat diterima jika Anda memiliki kelahiran prematur, memiliki kelahiran kembar, memulihkan perdarahan atau memulihkan kesulitan rahim dan pernah keguguran.

  1. Apakah Morning Sickness Berhubungan Dengan IQ Bayi?

Benar! Lebih dari 50% wanita hamil biasanya setuju dengan mual dan mendorong di awal tentang percakapannya atau biasa disebut morning sickness. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah rumah sakit anak di Toronto mengungkapkan bahwa mual di pagi hari di dalam pertanda menjadi pertanda (lebih) dari tingkat IQ pada anak. Ibu hamil yang sering mual-buang akan mengurangi risiko keguguran, dan mengurangi kelahiran bayi dengan masalah jantung bawaan. Studi ini menambahkan dimensi baru, yaitu perkembangan neurologis. Hormon kehamilan yang berkaitan dengan morning sickness dicurigai mempengaruhi perkembangan otak bayi selama masih dalam rahim. Penyakit pagi tidak membahayakan bayi di dalam perut.Rasa mual ini biasanya akan berakhir pada minggu ke 16 sama 20. Konsentrat untuk dokter untuk mengatasi rasa mual dan jangan lupa bersyukur jika ibu hamil memperbaiki mual di awal kehamilan. Siapa tahu janin yang dikandung akan kelak menjadi anak cerdas.

  1. Selama Masa Kehamilan Dilarang Naik Pesawat Terbang

Salah! Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum bepergian menggunakan pesawat konsultasi ke dokter cadangan. Hal ini perlu dilakukan saat Anda merespons dengan normal. Namun, jika Anda memiliki penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi atau pernah melahirkan prematur, Anda harus memeriksakan diri ke dokter. Anda juga disarankan untuk mengecek kebijakan tentang pindah ke hamil, lalu pindah trimester. Waktu yang tepat untuk terbang pesawat saat mulai dari usia atau trimester kedua (sekitar minggu ke 14 hingga 28). Kenapa demikian? Di waktu ini, Anda sudah nyaman dengan kehamilan Anda dan risiko keguguran dan lahir prematur pun terbilang rendah.Sementara pada awal kehamilan, beberapa wanita kerap sembuh dan mudah lelah.

  1. Sering Berdandan Tandanya Calon Bayi Perempuan

Salah! Sering kita dengar, banyak orang memercayai salah satu tanda bayi perempuan dengan melihat dari penampilan izin. Jika ibu hamil selalu ingin berhias dan berdandan cantik setiap kali, pertanyakan besar pertanda bayinya nanti berjenis kelamin perempuan, juga bertolak belakang, jika suka berdandan dan pamer penampilan, maka akan ditransfer kemudian bayinya berjenis laki-laki. Faktanya, jenis kelamin janin tidak ada yang sama sekali dengan gaya dandan sang ibu hamil. Dan bukan berarti jika ingin jenis kelamin janin laki-laki lalu ibu hamil punya alasan untuk tidak mandi, dan tidak berdandan cantik.

  1. Rajin Minum Suplemen Baik Untuk Kesehatan Janin & Ibu Hamil

Benar! Vitamin dan mineral juga dibutuhkan selama hamil, tetapi semua terpenuhi dengan diet sehat dan gizi seimbang. Vitamin dan mineral tambahan diperlukan untuk optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan bayi, seperti asam folat, vitamin B12, dan mineral (zat besi, seng dan kalsium). Ibu hamil membutuhkan 400-800 mikrogram asam folat (asam folat) setiap hari. Asam folat merupakan kelompok vitamin B, yang membantu pertumbuhan dan pembentukan otak bayi dan tulang belakang, selain itu juga mampu mencegah kelainan tulang belakang. Kebutuhan kalsium ibu hamil dapat membantu makanan yang dibutuhkan ibu. Jika kebutuhan kalsium dianggap kurang, maka akan ditentukan dari cadangan kalsium yang ada di tulang. Mengonsumsi produk-produk seperti susu, telur,dan suplemen kalsium dari dokter dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral selama kehamilan. Selain asam folat, suplemen zat besi juga sangat baik untuk suplemen Ibu hamil. Zat besi diperlukan untuk pembentukan sel darah merah, dan diambil untuk mencegah anemia pada saat hamil.

  1. Minum Air Es Bisa Membuat Bobot Janin Berlebih

Salah! Dikatakan bahwa ibu yang hamil akan sering melahirkan bayi yang besar. Padahal, udara dan bayi besar tidak ada. Bayi besar atau makrosomia adalah bayi yang lahir dengan berat badan lebih dari 4.000 gram. Hal ini dapat disebabkan oleh ibu yang mengidap penyakit diabetes (kencing manis). Diabetes terjadi karena insulin tidak dapat mengontrol kadar gula darah normal. Oleh karena itu, penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Tentang masalah serius tentang minum air es. Tapi kebanyakan minuman dingin itu manis! Contoh: es dicampur dengan bahan pemanis seperti gula atau sirup, es teh manis, minuman soda, dan lain-lain.Kandungan gula berlebih pada akhirnya meningkatkan asupan gula yang diterima janin. Lisan,

  1. Melilitkan Handuk Di Leher Menyebabkan Lilitan Tali Pusat

Salah! Lilitan tali pusat dapat terjadi karena di dalam kandungan, janin dapat diputar-putar akibat adanya cairan ketuban. Pada usia kehamilan sebelum 8 bulan, umumnya kepala janin belum disetujui bagian atas panggul. Pada saat itu ukuran bayi relatif masih kecil, dan jumlah udara ketuban tergantung pada bayi bergerak cukup bebas, dan ada tambahan terlilit tali pusat. Pada kehamilan kembar dan air ketuban yang berlebihan atau polihidramnion, kemungkinan bayi terlilit pusat akan semakin besar. Tali pusat yang panjang juga dapat menyebabkan lilitan pada bayi. Panjang tali pusat bayi rata-rata 50 sampai 60 cm. Namun setiap bayi memiliki panjang tali yang berbeda.Lilitan tali pusat dapat menyebabkan perpindahan atau kompresi pada tali pusat. Lisan,

  1. USG Berbahaya Jika Dipakai Setiap Kali Periksa Kehamilan

Salah! Sejak pertama kali ditemukan, pemeriksaan USG (ultrasonografi) tidak dilakukan pemeriksaan pada ibu dan janin. USG sangat aman karena menggunakan gelombang suara 20.000 hertz dan dipakai mendistribusikan. Cara kerja USG adalah dengan cara memancarkan gelombang suara (ultrasound) yang kemudian akan dipantulkan kembali oleh tubuh janin dari dalam komposisi. Jadi gelombang pantulan yang diambil dalam bentuk gambar yang dapat dilihat di layar mesin USG, atau bahkan dapat dipilih (2 dimensi atau 3 dimensi), bahkan saat ini teknologi 4 dimensi dapat digunakan dalam bentuk video. Jadi tidak ada yang sama sekali efek radiasi dalam USG, karena digunakan gelombang ultrasonik. Jadi ibu hamil tidak perlu kuatir saat dokter meminta dilakukan USG.

  1. Persalinan Panjang Kemungkinan Anaknya Laki-Laki

Mungkin benar! Tidak ada yang tahu tentang kenyataan ini, namun pada tahun 2003 sekelompok dokter memang menemukan fakta setelah menerima data dari 8.000 orang di Irlandia sepanjang tahun 1997-2000. Menurut studi tersebut, ibu yang melahirkan bayi laki-laki rata-rata persalinannya lebih dari enam jam sementara untuk bayi perempuan rata-rata persalinan di bawah enam jam. Peneliti berhipotesis tentang bayi laki-laki mungkin membutuhkan waktu persalinan lebih lama karena rata-rata berat lebih besar dari bayi perempuan. Dalam bidang kedokteran, faktor genetik (kromosom) dari suami dan istri lebih memilih penentu jenis kelamin janin yang akan diperebutkan laki-laki atau perempuan dibandingkan lama persalinan.Meskipun studio yang dilakukan di Irlandia dapat masuk akal, tetapi tentu saja faktor lamanya persalinan tidak hanya ditentukan oleh bobot bayi (faktor penumpang) gratis. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, ada faktor jalan (daya lahir) dan faktor daya (daya mengejan sang ibu) yang ikut menentukan proses persalinan yang dilanjutkan.

  1. Bayi ‘Ngeces’ Karena Ngidam Yang Tidak Kesampaian

Salah! Ini juga harus menjadi alasan Bumil untuk menyantap apa saja yang mereka inginkan. Dengan dalih jika ingin “ngidam”, itu tidak dituruti, “Nanti anak kita lahir terus terus, Ayah”. Semua bayi memang normalnya ‘ngiler’ atau ‘ecesan’ pada usia-awal. Hal ini terjadi karena produksi air liur dan bayi belum mampu untuk “mencegahnya” keluar dari mulutnya, jadilah peristiwa “ngiler” tersebut. Apalagi saat gigi mereka sedang tumbuh, bayi akan refleks menggerakkan otot rahang, berusaha melakukan refleks mengunyah yang tentu saja akan meningkatkan produksi air liur, dan ini adalah hal yang normal.Jadi para suami yang membaca buku ini,

  1. Wajib Membaca Surat-Surat Tertentu

Bila ada wanita atau ibu hamil biasanya ibu-ibu muslim minta baca surat yang sudah ditentukan. Contohnya wajib membaca surat Yusuf, Maryam, ayat 15 dan suarat-surat lainya. Mereka yang memberi tahu tahu ini menyakini membaca surat Maryam menerima dapat membaca dengan mudah seperti Maryam ibunda Nabi Isa. Meskipun tidak ada hadits atau dalil yang berkaitan dengan ini.tetapi bagi kaum muslim ayat ini sangat-sanagt bermanfaat dan bergun jika di amalkan dengan baik dan di imaninya.untuk mencari orang-orang yang mau membaca surat 15 agar mudahkan persalinanya. Bagi yang mempercayainya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *