Menu

3 Menu Mpasi 11 Bulan

3 Menu Mpasi 11 Bulan

Memasuki usia 11 bulan memang tidak bisa dikesampingkan oleh para ibu yang memiliki bayi pada usia ini. Bayi memerlukan nutrisi untuk menunjang pertumbuhan serta perkembangannya. Oleh karena itu, menu mpasi 11 bulan dapat menjadi solusi guna memenuhi nutrisi tersebut. Mpasi merupakan singkatan dari Makanan Pendamping ASI. Makanan ini guna penunjang disamping pemberian Air Susu Ibu (ASI) untuk memenuhi gizi yang diperlukan bayi. Mpasi ini biasanya terdiri dari makanan yang mengandung banyak nutrisi, tak hanya vitamin, namun juga mineral dan masih banyak lagi.

 

Perlu diketahui, para Bunda bisa dengan mudah membuat sendiri makanan pendamping ASI dirumah menggunakan bahan-bahan yang sederhana dan mudah ditemukan. Dengan demikian, Bunda tidak perlu merogok kocek dalam-dalam untuk memenuhi nutrisi sang bayi. Tak hanya itu, makanan yang dibuat dapat beragam, sehingga bayi tidak akan bosan memakan menu yang itu-itu saja. Bayi harus memakan menu mpasi 11 bulan yang tepat, sehingga tumbuh kembangnya akan bagus. Berikut ini merupakan 4 Menu Mpasi 11 bulan yang bisa Anda praktikkan dirumah ya Mom.

1. Menu Mpasi 11 Bulan Pepes Tahu
Menu pertama yang bisa Bunda buat dirumah ialah pepes tahu. Tahu merupakan bahan dasar yang sangat mudah untuk ditemukan. Tahu juga dikenal mengandung protein yang tinggi, mengingat bahan utama dari pembuatan tahu itu sendiri ialah kacang kedelai. Kacang kedelai juga memiliki serat tinggi yang mampu menjaga kesehatan saluran pencernaan bayi. Cara pengolahannya pun terbilang cukup mudah, tahu yang telah dihaluskan dicampur dengan bahan lainnya seperti bawang putih, bawang merah, keju cheddar, dan wortel. Kemudian campuran bahan tersebut dikukus selama kurang lebih lima menit saja.

 

2. Menu Mpasi 11 Bulan Nasi Goreng Ayam
Menu berikut ini juga tak kalah mudah dan murah meriah jika dibandingkan dengan menu sebelumnya. Daging ayam yang memiliki kandungan vitamin B12 dipercaya mampu mencegah tremor atau bahkan keterlambatan perkembangan. Untuk membuat nasi goreng ayam, Bunda cukup suwir daging ayam yang sudah di kukus atau di goreng sebelumnya, kemudian tumis bawang merah dan bawang putih dengan margarin. Campurkan nasi dan suwir ayam kedalam tumisan bawang merah dan bawang putih. Voala! Jadilah nasi goreng ayam untuk sang buah hati.

 

3. Menu Mpasi 11 Bulan Rolade Kornet Daging Sapi
Menu Mpasi 11 Bulan berikutnya yang tak kalah bergizi dan lezat bagi sang buah hati ialah rolade kornet daging sapi. Untuk membuat rolade ini, Bunda hanya memerlukan dua bahan pokok yakni kornet daging sapi dan telur ayam. Cara mengolahnya cukup dengan menggoreng telur yang telah di kocok sebelumnya di atas teflon. Setelah matang, taruh adonan kornet di atas telur tersebut. Gulung kemudian iris sesuai ukuran yang diinginkan.

 

Baca Juga   Manfaat Telur Asin Untuk Sang Ibu Hamil  Manfaat Beras Ketan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *