Menu

4 Khasiat Pisang Kepok

4 Khasiat Pisang Kepok

Siapa sih yang tidak tahu pisang kepok? Kita semua tentunya pasti sudah kenal dengan buah yang satu ini dong ya, ya buah yang memang tumbuh mudah di iklim tropis ini amat banyak tumbuh di hampir seluruh daerah yang ada di Indonesia, kita bisa dengan sangat mudah menemukan buah ini dimanapun, entah dipasar maupun swalayan misalnya.

Meskipun pisang kepok sangat mudah kita temui dan juga dijual dengan harga yang relative murah, tapi pisang kepok memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang amat banyak dan sangat baik untuk tubuh jika rutin dikonsumsi loh, menurut jurnal penelitian yang telah dipublikasikan oleh Universitas Diponegoro pisang kepok mengandung air sebesar 65,945, Karbohidrat 31,45, Protein 1,75%, Lemak 0,19%, abu 0,72%, anti oksidan 12,34%, inulin 0,1256% dan juga sarat kasar sebesar 1,14%. Selain kandungan tersebut pisang kapok juga kaya akan Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin C, serta mengandung kalori sebesar 136.

Dengan kandungan nutrisi dan juga vitamin yang cukup banyak tentu saja pisang kepok memiliki khasiat yang baik untuk tubuh kita apabila kita konsumsi secara rutin. Nah berikut telah kami rangkum 4 khasiat pisang kapok :

  1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Pisang kepok memiliki kandungan Potasium, dimana potassium mampu membantu proses produksi sel darah putih pada kelenjar getah bening. Selain itu Potasium juga berfungsi untuk proses metabolism didalam tubuh. Kita perlu tahu bahwa sistem imun tubuh kita amat bergantung pada keseimbangan jumlah sel-sel darah merah, sel darah putih dan juga keeping-keping darah merah. Dan untuk menyeimbangkan jumlah tersebut maka kita memerlukan asupan nutrisi yang cukup untuk pembentukan sel-sel tersebut.

  1. Mengendorkan Syaraf yang Tegang

Potassium selain berfungsi sebagai pembantu proses produksi sel darah putih dan menjaga system imun, ternyata ia juga memiliki manfaat untuk mengendorkan syaraf tegang. Ini adalah salah satu khasiat dari pisang kepok yang bisa kita dapatkan, maka jika anda sedang merasa Lelah karena tekanan pekerjaan yang menumpuk anda bisa mencoba mengkonsumsi pisang kapok dan coba rasakan khasiat pisang kepok.

  1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Pisang kepok memiliki khasiat melancarkan sistem pencernaan, hal ini karena pisang kepok mengandung serat yang cukup tinggi. Entah serat terlarut atau pun serat kasar kita tahu bahwa keduanya mampu membantu memperlancar system pencernaan. Karena serat berfungsi untuk mempertahankan kadar air agar tetap normal, dan juga membantu penyerapan sari-sari makanan oleh usu. Selain itu serat juga mampu membantu ekosistem usus agar tetap kondusif untuk kehidupan bakteri-bakteri baik guna memperlancar pembentukan fases.

  1. Mengurangi Kolesterol Didalam Darah

Ekstrak pisang kepok ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, hal tersebut telah terbukti dari hasil percobaan pada  hewan tikus. Serat terlarut yang dapat diserap hingga sampai pada jaringan tubuh akan mengikat cairan didalam empedu. Dan serat terlarut tersebut akan mengikat kolesterol dalam darah, dan nantinya akan dikeluarkan oleh tubuh kita melalui fases. Maka dari itu salah satu pisang kepok yang amat luar biasa adalah mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Baca Juga Obat Alami Mengatasi Penyakit Mag Pertolongan Pertama Pada Jari Putus

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *