Menu

4 Manfaat Beras Ketan Untuk Kesehatan Tubuh

4 Manfaat Beras Ketan untuk Kesehatan Tubuh

 

Beras ketan adalah salah satu jenis beras yang sering kali dijadikan sebagai bahan baku pembuatan berbagai jenis kue-kue tradisional Indonesia. Ternyata kandungan beras ketan bagi tubuh sangat banyak. Pasalnya jenis beras yang satu ini juga merupakan beras yang kaya akan serat dan juga nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Oleh karena itu penggunaan beras ketan pada saat mengolah kue hasilnya akan bangus.

Namun meskipun demikian, tidak semua orang dapat mengkonsumsi beras ketan dalam jumlah yang banyak. Orang yang memiliki penyakit mag sangat tidak dianjurkan untuk untuk mengonsumsi beras ketan. Berikut ini merupakan manfaat beras ketan yang jarang orang tahu:

 

  1. Meminimalisir resiko penyakit jantung

Beras ketan merupakan jenis beras yang kaya akan serat. Kandungan serat yang terkandung di dalam satu cangkir nasi ketan adalah 1,7 gr. Kandungan serat yang terdapat di dalam beras ketan sangat baik untuk kesehatan karena dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung, serangan jantung merupakan penyakit yang tidak bisa diprediksi. Pembunuh nomor 1 di dunia adalah penyakit jantung, sehingga kita harus menurunkan resiko penyakit tersebut sejak dini. Saat ini banyak orang yang meninggal akibat penyakit jantung. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi ketan anda dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

 

  1. Dapat membantu menangkal radikal bebas

Radikal bebas tentu akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda. Ternyata di dalam beras ketan terdapat kandungan selenium yang merupakan salah satu jenis mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Kandungan selenium yang terdapat di dalam beras ketan ini berfungsi sebagai anti-oksidan yang berperan untuk melindungi sel-sel yang terdapat di dalam tubuh dari kerusakan yang disebabkan serangan radikal bebas.

 

  1. Menjaga sistem metabolism

Manfaat lainnya yang terkandung di dalam beras ketan adalah konten mangan. Konten mangan tersebut bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Hal tersebut dikarenakan oleh konten mangan ini berfungsi untuk menjaga sistem metabolisme manusia agar selalu sehat. Metabolism yang sehat tentu akan sangat membantu proses penyerapan berbagai zat di dalam tubuh seperti karbohidrad, protein, dan kolesterol dengan baik di dalam tubuh.

 

  1. Mencegah diabetes

Penyakit diabetes juga kini merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh sebagian besar manusia di dunia ini karena mereka kesulitan untuk menjaga pola makan dengan baik. Apalagi penyakit ini juga dapat menjadi penyakit turunan oleh karena itu anda harus melakukan pencegahan sejak dini. Beras ketan memiliki kandungan yang dapat mencegah penyakit diabetes. Hal tersebut dikarenakan oleh beras ketan yang memiliki sifat anti-inflamasi serta kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuh. Apabila dikonsumsi dalam jangka panjang beras ketan akan membantu tubuh anda untuk mencegah penyakit-penyakit seperti diabetes dan juga alzaimer.

Baca Juga Khasiat Pisang Kepok Pertolongan Pertama Pada Tersendak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *