Menu

4 Resep Nasi Tim Bayi 6 Bulan

4 Resep Nasi Tim Bayi 6 Bulan

Makanan pendamping ASI atau biasa disebut dengan MPASI biasanya diberikan saat bayi menginjak usia 6 bulan. Pada usia inilah biasanya bayi mulai belajar mengenal beragam rasa dan melumat tekstur dari nasi tim bayi. Nasi tim ini juga menjadi solusi lain bagi Bunda untuk memenuhi nutrisi sang buah hati disamping pemberian ASI eksklusif. Dengan demikian, bayi akan mendapat asupan nutrisi dari nasi tim yang diberikan.

Nasi tim bayi 6 bulan biasanya memiliki rasa yang gurih karena diolah bersamaan dengan bumbu lainnya seperti kaldu, susu kedelai ataupun santan. Sehingga tak heran jika nasi tim bayi memang sangat digemari oleh bayi yang menginjak usia-usia produktif untuk mengunyah makanan. Cara yang dapat dilakukan untuk membuat nasi tim ini bisa dengan cara direbus, dikukus, ataupun di panggang. Agar nasi tim memiliki nilai gizi yang tinggi, dapat ditambahkan sayuran dan lauk yang beragam.

Pembuatan nasi tim bayi 6 bulan biasanya disesuaikan dengan usia bayi yang akan diberi makanan pendamping ASI ini. Nasi tim bayi biasanya diberikan pada usia delapan bulan ke atas. Karena pada usia tersebut, bayi akan dengan mudah mengunyah tekestur nasi tim bayi yang lembut. Bunda dapat kreasikan beragam hidangan nasi tim bayi. Seperti nasi tim bayam, nasi tim ati ampela, nasi tim daging ayam, atau nasi timikan. Pemberian mpasi ini dapat menghilangkan rasa jenuh bayi disamping memenuhi gizinya melaui nutrisi yang terdapat dalam nasi tim bayi. Berikut ini merupakan 4 resep membuat nasi tim bayi 6 bulan.

 

A. Nasi Tim Bayi 6 Bulan Brokoli dan Ati Ayam
Nasi tim yang satu ini terbuat dari bahan dasar beras, air, brokoli, ati ayam, wortel, dan mentega unsalted. Adapun cara pembuatannya ialah memasak beras yang telah dibersihkan bersama air dan ati ampela ayam hingga teksturnya menjadi seperti bubur yang kental. Kemudian masukkan brokoli dan sayur yang sebelumnya sudah dikukus. Setelah matang, haluskan kembali menggunakan blender. Sajikan selagi hangat.

 

B. Nasi Tim Bayi 6 Bulan Sumsum Tulang Sapi
Nasi tim berikut ini lebih mudah dan bahannya pun lebih sedikit. adapun bahan dasarnya ialah beras, kaldu tulang sapi, wortel dan bawang bombay. Bunda hanya perlu mendidihkan kaldu sapi dan memasukkan beras, wortel, serta bawang bombay yang sudah dicincang sebelumnya. Aduklah hingga menjadi bubur. Setelah matang, haluskan kembali menggunakan blender. Sajikan selagi hangat.

 

C. Nasi Tim Bayi 6 Bulan Jamur dan Daging Cincang
Nasi tim ini kaya akan nutrisi karena bahan dasarnya terdiri dari jamur, bawang bombay, seledri cincang, daging sapi cincang, beras dan air. Tim nasi ini sangat cocok dan kaya akan nutrisi untuk bayi berusia 6 bulan.

 

Baca Juga  Manfaat Telur Asin Untuk Ibu Hamil  3 Menu Mpasi 11 Bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *