Menu

5 Manfaat Kangkung Untuk ibu Hamil

5 Manfaat Kangkung Untuk Ibu Hamil

Kini di Amerika Serikat larangan mengkonsumsi sayur kangkung sedang ramai diperbincangkan oleh banyak orang. Badan Konservasi Sumber Daya Alam Amerika Serikat (USDA) mengungkapkan bahwa sayur kangkung dianggap sebagai taman yang berbahaya bagi tubuh manusia dan termasuk ken dalam tanaman yang beracun. Di Amerika Serikat sendiri jenis sayuran ini dikenal dengan nama chinese waterspinach yang masuk ke dalam sayuran berbahaya yang beracun sejak 2010 lalu. Karena batangnya yang berongga sering kali di khawatirkan akan menyimpan ulat hingga lintah yang dapat berbahaya.

Kangkung bisa jadi beracun jika dihangatkan setelah matang. Sama halnya dengan sayuran hijau lainnya apabila mereka dihangatkan kembali setelah matang maka sayuran hijau tersebut akan melepaskan nitrat yang dapat berubah menjadi racun. Namun meskipun demikian, apabila kangkung sudah dicuci dengan bersih dan dimasak hingga benar-benar matang ternyata kangkung menyimpan manfaat termasuk untuk ibu hamil.
Berikut ini adalah manfaat yang dimiliki oleh kangkung apabila dikonsumsi oleh ibu hamil:

1. Dapat Mengatasi Insomnia
Ibu hamil biasanya sering mengalami susah tidur atau insonmnia. Dan kangkung dapat berperan mengatasi insombia pada seseorang. Karena di dalam kangkung terdapat senyawa seng dan juga selenium yang dapat menyebabkan ngantuk jika dikonsumsi. Hal tersebut dikarenakan karena kedua senyawa tersebut adalah unsur yang dapat membuat saraf manusia menjadi sedikit kendur yang membuatnya menjadi rileks.

 

2. Dapat Mencegah Sembelit
Kangkung merupakan sayuran yang kaya akan serat. Kandungan serat yang terdapat di dalam kangkung ternyata dapat mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Karena ibu hamil sering kali mengalami sembelit ketika masa-masa kehamilannya. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi air rebusan kangkung dapat membuat mengatasi sembelit. Selain itu kangkung juga sangat mudah untuk dicerna di dalam tubuh. Kangkung juga sangat mendukung pertumbuhan bakteri probiotik di dalam pencernaan seorang ibu hamil.

 

3. Dapat Mencegah Penyakit Anemia
56 juta perempuan hamil tercatat mengalami anemia. Dan dua pertiganya berasal dari Asia. Dan bagi masalah ibu hamil, anemia sering kali menemui ibu hamil indonesia. Kangkung memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang dapat mencegah penyakit anemia. Kandungan zat besi sangatlah dibutuhkan oleh ibu hamil.

 

4. Mendukung Tumbuh Kembang Tulang Janin
Kangkung kaya akan zat kalsium yang sangat tunggu. Kalsium bagi ibu hamil sangat dibutuhkan oleh janin karena bermanfaat untuk menguatkan tulang serta giginya. Selain itu kalsium juga mendukung tumbuh kembang tulang janin secara optimal.

 

5. Meningkatkan Sistem Imunitas Dalam Tubuh
Kondisi ibu hamil semakin lama usia kehamilah semakin rentan terserang banyak penyakit. Di dalam kandungan kangkung terdapat vitamin c yang melimpah. Vitamin c yang terdapat di dalam kangkung dapat meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh ibu hamil yang dapat mengurangi resiko terserang penyakit.

 

Baca Juga Khasiat Telur Asin Untuk Ibu Hamil  Resep Nas i Tim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *