Menu

Akibat Sering Minum Teh Manis

Akibat Sering Minum Teh Manis

Siapa sih yang tidak tahu es teh manis, kita tentu tahu minuman ini sangat enak jika di munum saat cuaca dingin, setelah makan dan waktu-waktu tertentu, tetapi jika keseringan tentunya tidak baik ya, es teh tentu saja memiliki rasa yang manis. Hal ini karena adanya tambahan gula yang tinggi dalam minuman ini.

Berikut adalah beberapa efek buruk yang bisa muncul jika kita sering minum es teh.

Memicu batu ginjal
Dampak pertama yang akan muncul jika kita terlalu sering minum es teh adalah untuk mengeluarkan batu ginjal. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam oksalat yang cukup tinggi di dalam teh. Kandungan ini akan membuat kalsium tidak bisa diserap oleh tubuh. Masalahnya adalah, asam oksalat bisa mengendap di dalam ginjal dan akhirnya membentuk kristal yang kita sebut sebagai batu ginjal.
Menurut pakar kesehatan, sekitar 80 persen kasus batu ginjal yang dialami orang dewasa di Indonesia disebabkan oleh konsumsi yang mengonsumsi teh manis terlalu sering.

Memicu perut buncit
Meskipun termasuk minuman yang baik untuk kesehatan, teh manis sebaliknya. Hal ini disebabkan oleh kandungan gula atau pemanis buatan yang cukup tinggi. Meskipun bisa mengandung rasa yang enak, ada kandungan gula atau pemanis buatan ini yang mengandung kadar kalori yang berlebihan.

Diabetes memicu
Karena memiliki kandungan gula yang tinggi, maka setelah minum teh manis, tubuh akan menghitung kadar gula darah dengan signifikan. Kondisi ini akhirnya membuat pankreas kewalahan dan tidak bisa memproduksi insulin dengan cukup untuk memproses gula ini. Jika kadar gula kemudian tidak terkontrol dan tubuh meningkatkan insulin, maka risiko diabetespun akan meningkat dengan signifikan.

Sakit perut
Meski tidak dilakukan oleh semua penjual minuman atau pemilik warung, di realitanya masih banyak orang yang menggunakan es batu yang tidak higienis atau dibuat dari air mentah. Es batu ini kemudian dicampurkan dalam es teh manis yang kita konsumsi. Masalahnya adalah di dalam es batu ini masih ada banyak sekali cadangan bakteri atau kuman yang bisa mengatasi masalah pencernaan seperti sakit perut.

Stroke
Terlalu sering mengonsumsi minuman manis seperti es teh ternyata juga dapat meningkatkan risiko stroke. Hal ini berdampak pada tuhuh yang tidak selalu di jaga dalam pola makan minum, perlu kalian tahu juga stroke ini tidak serta langsung terjadi begitu saja namun ada proses nya bisa tahunan, bulanan, tentunya dengan menjaga kesehatan sedini mungkin kita akan terhindari dengan namanya strok dan sering kontrolĀ  dokter & orang-orang yang paham pada penyakit ini.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *