Menu

Aktivitas Bayi Usia 6 Bulan Dalam Kandungan

Aktivitas Bayi Usia 6 Bulan Dalam Kandungan

Bagi seorang wanita, kehamilan merupakan momen yang paling indah. Kesempurnaan yang nyaris dirasakan dimana tak semua kaum hawa mampu menikmatinya. Maka tak heran, berbagai cara dilakukan demi menjaga kesehatan dan perkembangan si buah hati. Termasuk, mencari tahu apa saja yang harus dilakukan selama usia kehamilan yang kian bertambah.

 

Salah satunya mencari tahu apa saja aktivitas yang dilakukan bayi usia 6 bulan dalam kandungan.

Di usia ini, bunda sudah bisa melakukan interaksi dengan bayi melalui sentuhan atau suara. Bisa juga dengan mendengarkan musik dimana alat pemutaranya didekatkan pada perut. Itu sebabnya, banyak yang menganjurkan agar mendengarkan suara musik yang sifatnya rohani sehingga jiwa si kecil akan merasa damai.

Pada saat diajak berinteraksi lewat musik, maka si kecil akan memberi respon berupa gerakan yang tentu saja akan sangat menyenangkan bagi bunda. Hal ini dikarenakan suara seperti teriakan atau bunyi musik membuatnya melakukan tendangan kecil.

Lantas, bagaimana dengan pertumbuhan janin?

Di usia kehamilan menjelang 6 bulan maka berat bayi akan mencapai kurang lebih 0,6 kilogram dengan panjang sekitar 35cm. Bahkan, bunda juga bisa merasakan gerakannya yang sangat aktif bahkan saat si kecil mengalami cegukan.

Kemudian, detak jantung bayi akan melambat namun frekuensinya akan lebih tinggi dibandingkan detak jantung bunda. Terlihat gemuk karena ada lemak yang berada di bawah kulitnya. Kulitnya menjadi lebih halus dan rambutnya mulai tumbuh.

Secara perlahan, si kecil bisa bernapas sedikit demi sedikit untuk persiapannya lahir ke dunia. Bahkan, suara yang berasal dari bundanya pun bisa ia kenali. Mendekati usia 27 minggu, si kecil akan mampu membuka dan menutup kelopak matanya. Bahkan, bayi juga bisa tidur dan bangun di waktu tertentu secara teratur.

Di penghujung akhir dari usia bayi 6 bulan, berat bayi akan bertambah kurang lebih 1 kg dengan panjang sekitar 38cm. Tulang serta lemaknya kian berkembang dan jaringan dalam otaknya berkembang dengan pesat.

Lantas, apa saja yang harus bunda lakukan selama bayi usia 6 bulan dalam kandungan?

Tentu saja, melakukan konsultasi medis dengan dokter kandungan sangatlah disarankan. Biasanya, tekanan darah menjadi prioritas dalam pemeriksaan karena perkembangan si kecil yang dari hari ke hari semakin besar. Tak lupa juga, sampel urine juga diperlukan untuk mendeteksi adanya satu masalah atau tidak.

Oh ya, pastikan saat bayi usia 6 bulan dalam kandungan bunda harus benar benar memperhatikan asupan makanan sehari hari. Kebutuhan nutrisi yang cukup yang didapat dari ikan, daging, sayur serta buah bisa membuat tumbuh kembang si kecil bisa maksimal. Dan jangan lupa, lakukan olahraga secara teratur guna menjaga kesehatan tubuh selama kehamilan.

Baca Juga Manfaat kangkung Bagi ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *