Menu

Alasan Memberi Nama Anak Yang Baik

Alasan Memberi Nama Anak Yang Baik

Nama adalah brand image seseorang. Kesan pertama mestilah menarik bila kita mendengar namanya. Jangan sampai anak anda malu atau rendah diri karena nama yang dimilikinya konyol.

 

“Sesungguhnya kamu akan dipanggil pada hari kiamat kelak dengan nama-nama kamu dan nama-nama bapak-bapakmu, maka hendaklah memperbaiki (memperelokan ) nama-nama kamu” (HR Abu Daud)

Jika ternyata anda sudah ‘terlanjur” mendapatkan nama yang kurang bagus atau jelek, anda bisa mengubahnya. Sebagai mana Tirmizi meriwayatkan dari Aisayah Bahwa Rasulullah Sholallohu alaihi wassalam pernah mengubah nama yang jelek. Tirmizi dan Ibnu Majah meriwayatkan :

“ Dari Ibnu Umar radiyallahu’anhu bahwa salah seorang putrid Umar yang bernama Ashiyah (anak Durhaka) telah di ganti namanya oleh Rasulullah Sholallohu alaihi wassalam dengan nama Jamilah ( Cantik).

Lants nama-nama serti apakah yang baik ? Rasulullah Sholallohu alaihi wassalam bersabda berilah dengan nama para nabi dan rasul.

“Namakanlah (anak-anak kamu) dengan nama para nabi. Dan nama-nama yang paling di cintai oleh Allah Ta’ala adalah abdulah  dan Abdurrahman. dan yang paling benar namanya adalah Harith dan Hammam, serta yang  paling buruk namanya adalah  Harbun dan Murrah.” (HR. Abu Daud).

Selain nama-nama orang saleh dari kalangan kaum muslimin banyak juga yang di ambil dari nama para sahabat.

Merencanakan Momongan

Dalam merencanakan momongan dada beberapa faktor yang sebaiknha diperhatikan oleh orang tua. Misalnua seperti faktor kejiwaan, membangun kebiasaan yang baik dan nutrisis yang seimbang.

Menjaga kejiwaan bukan hanya baik bagi si ibu namun juga sang jabang bayi yang dikandung bahkan sejak awal proses perencanaan kehamilan. Sangat baik apabila buah hati kita terjaga ketentraman jiwa nya sejak ia masih dalam kandungan bahkan kondisi dan situasi kejiwaan yang terjadi pada saat pembuahan (hubungan seksual) dapat mempengaruhi janin. Anak yang di lahirkan hasil dari hubungan dalam keadaan takut dan merasa berdosa akan melahirkan anak yang penakut, pemalu, muram dan kecenderungan mental yang tidak setabil.

Demikian juga tidak boleh melakukan hubungan dalam keadaan sedang marah, sebab kelak anak yang akan terlahir akan pemarah, atau sebaiknya hubungan dalam keadaan tertekan maka anak yang dilahirkan akan jadi pemurung. Selalu hubngan dengan keadaan mood yang terjaga dengan baik karena kejiwaan negatif akan sangat berpengaruh pada anak dan calon anak.

Suatu ketika, iblis pernah berkata pada allah “aku memohon kepadamu, siapapun yang berhubungan suami istri dan lupa berdoa kepada-Mu terlebih dahulu, maka kelak anak yang lahir dan hasil hubunga tersebut akan mudah di pengaruhi dan di goda setan “Allah lantas mengabulkan permohonan iblis. Akibatnya banyak anak yang lahir dan besar menjadi pembangkang serta sulit di bawa kedalam kehidupan beragama, itu semua besar kemungkinan terjadi karena pengaruh tidak berdoa ketika bersetubuh.

Doa Bersetubuh

“Bismillaahi allahuma jaanibna sysyaithaana wajaanibi sysyaithaana ma razaktanaa.

Artinya : Dengan menyebut nama Allah, ya Allah, jauhkanlah kami dengan campuran tangan setan dan jauhkan pula setan dari apa-apa yang engkau karuniakan kepada kami.

Doa Setelah Bersetubuh 

“Alhamdulilaahi llazdzii khalaqa mina maa I basyaraa.”

Artinya: Sega Puji bagi Allah yang telah menjadikan air mani ini menjadi manusia(keturunan).

Membaca Alqurana

Dalam ilmu kesehatan ibu yang kan merencanakan kehamilan sebaiknya mengonsumsi makanan yang sehat bernutrisi lengkap dan mengandung asam folat. Mengonsumsi makanan sehat dan halal juga termasuk dalam bagian doa kita agar buah hati yang dikandung nantinya akan sehat dan baik. Tumbuh kuat dan cerdas bukan hanya sebagai keturunan yang baik tetapi juga sebagai generasi muda islam yang unggul.

Setelah faktor kejiwaan mata mental, kemudian makanan kini perhatikan juga proses yang menyertai kehamilan kita, yaitu tanamkan kebiasaan yang mulia seperti membaca Alquran.

Anda pasti tahu tentang terapi musik bagi ibu hamil. Bagaimana ternyata musik klasik mampu pengaruh fositif bagi perkembangan otak. Jika musik klasik mampu melakukan hal tentu ayat ayat allah dapat berdampak lebih baik lagi , jauh berpengaruh.

Tahukah anda baha Alquran yang hebat dan penuh mukjizat itu ternyata sebuah media komunikasi yang maha canggih langsung kepada buah hati kita?

Pembentukan fisik manusia kurang lebih sama halnya dengan proses penciptaan roh. Untuk itu ada saat dimana roh di tiupkan kedalam diri manusia bersamaan dengan perkembangan fisik yang mengagumkan. Oleh karena nya sangat baik bagi ibu hamil mengisi masa-masa penting dan genting ini dengan membaca Alqurana, atau lebih baik lagi bila dapat menghatamkan Alquran.

Anda dapat membaca ayatnya dengan segala rasa dalam hati hayati artinya, tanamkan maknanya dalam dirikita. Baca seluruh ayat tidak perlu mengutamakan ayat-ayat tertentu saja. Setiap kalimat dari allah memiliki keistimewaan yang sama. Khatamkan Alquran dalam usia kehamilan anda. Untai keindahan dan mukjizatnya dalam sanubari dan lafazkan. Dendangkan kemulian nya kepada jabang bayi yang tengah di kandung. Niscaya ini akan menjadi salah satu jembatan komunikasi yang sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *