Menu

Aturan Makanan Bakar Agar Lebih Sehat

Aturan Makanan Bakar Agar Lebih Sehat

Makanan yang di bakar biasanya mempunyai sensasi sendiri di lidah kita, daging, ikan hingga sayuran yang bisa di bakar tentu itu makanan yang sangat lah nikmat, tetapi kita harus memperhatikan cara penyajian yang baik agar makan itu tidak sekedar menjadi isi perut saja perhatikan lah gizi di dalamnya karena dengan penyajian yang baik tentu kita akan mendapatkan gizi yang sempurna untuk tubuh kita sehingga bisa senantiasa sehat.

 

  1. Tidak terlalu lama memanggang

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa memanggang atau memasak daging dengan panas terlalu tinggi bisa menyebabkan karsinogen heterosiklik amina (HCA) dan polycyclic aromatic hydrocarbon (PAHs). Satu studi menemukan pada orang yang mengkonsumsi daging panggang atau makanan bakar lainnya secara teratur 60 persen bisa terkena penyakit kanker pankreas. Selain itu juga, pada waktu memasak atau memanggang dengan waktu lama juga bisa mengakibatkan risiko pada kanker perut, paru-paru dan payudara.

  1. Kecilkan Api

Selain waktu, memanggang daging dengan api kecil juga membantu mengurangi karsinogen. Penelitian pun telah menunjukkan bahwa suhu yang lebih tinggi bisa  menyebabkan peningkatan HCA. Karena hal itu, kecilkan suhu atau apinya ketika andan memanggang. Sebelum anda memanggang atau memasak, Anda bisa memasukkan daging atau ikan yang akan dipanggang ke dalam microwave selama satu hingga dua menit. Cara seperti inilah bisa membantu daging atau ikan bisa lebih cepat matang ketika dipanggang sehingga tidak butuh waktu yang lama. Penelitian telah menunjukkan memasukkan daging ke microwave sebelum dimasak juga menurunkan HCA sebesar 90 persen.

  1. Tambahkan Sayuran

Anda juga bisa menambahkan beberapa sayuran saat memanggang daging. Sayuran jika di panggang tidak mengandung karsinogen seperti daging panggang. Jadi, jika ditambahan sayuran ini bisa membuat lebih sehat dan mengurangi HCA.

  1. Pengasinan atau Perendaman

Solusi lainnya Rendam daging atau ikan bisa menggunakan  dengan cuka, lemon, jeruk nipis atau rempah-rempah lainnya sebelum dibakar juga lebih baik. Tapi sebaiknya anda gunakan bumbu bebas lemak atau rendah lemak agar bisa membatasi lemak yang menetes di arang. Tindakan sederhana pengasinan sebelum pemanggangan telah dibuktikan mengurangi pembentukan HCA sebanyak 92 persen hingga 99 persen.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *