Menu

Beragam Manfaat Pisang Raja

Beragam Manfaat Pisang Raja

Manfaat pisang raja bisa kita dapatkan jika mengonsumsinya dengan teratur dan dalam takaran yang tepat. Meskipun jenis pisang yang satu ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, namun beragam manfaat pisang raja bisa kita dapatkan dengan mengonsumsinya. Tak hanya dikonsumsi secara langsung, pisang raja juga bisa dijadikan beragam olahan tanpa mengurangi kandungan nutrisi di dalamnya. Olahan tersebut dapat berupa keripik, pisang goreng tepung, cuka, dan juga bir. Tak hanya bagian buah, daun pisang raja juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Pisang raja diketahui kaya akan nutrisi seperti vitamin, protein, kalium, niacin, mangan, magnsium, dan masih banyak lagi. Kandungan vitamin serta mineral tersebut memiliki kegunaan bagi tubuh, diantaranya untuk menangkal beragam jenis penyakit. Pisang raja dipercaya mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh karena mengandung vitamin C, vitamin A, dan juga vitamin B6. Ketiga vitamin tersebut memang memiliki manfaat untuk meingkatkan kekebalan tubuh sehingga tak mudah terserang penyakit. Jika sistem imun dalam tubuh sudah meningkat, maka bakteri serta infeksi virus dapat dengan mudah dihindari. Cukup dengan mengonsumsi satu buah pisang raja saja setiap harinya.

Manfaat pisang raja lainnya ialah menguatkan tulang. Kandungan zat prebiotik atau biasa disebut juga fructooligosaccharide yang terdapat dalam setiap buah pisang raja sangat baik khususnya dalam hal mempermudah penyerapan nutrisi makanan yang kita konsumsi. Mengonsumsi satu buah pisang raja setiap harinya akan turut membantu tubuh untuk mempermudah penyerapan nutrisi, seperti kalsium yang bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang. Tak hanya itu, kandungan potassium dalam pisang raja juga akan turut mencegah kalsium yang sudah diserap tubuh hilang kembali.

Karena dalam sebuah pisang raja mengandung vitamin A yang cukup tinggi, tak heran jika jenis pisang yang satu ini juga bermanfaat untuk mengurangi gangguan penglihatan. Bagi Anda yang memiliki usia tua dan mulai merasakan ada gangguan penglihatan, maka pisang raja dapat menjadi solusinya. Cukup mengonsumsi tiga buah pisang raja setiap harinya, maka Anda akan merasakan manfaat pisang raja setelah dikonsumsi secara rutin. Manfaat selanjutnya yang dapat dirasakan ialah menurunkan hipertensi atau gangguan darah tinggi.

Gangguan hipertensi biasanya bisa terjadi mengonsumsi makanan yang memiliki kadar garam tinggi. Tak hanya itu, gangguan ini juga bisa terjadi pada pengidap obesitas atau berat badan berlebih. Kandungan kalium yang cukup tinggi dan sodium yang rendah dapat menjadi solusi tepat bagi para pengidap hipertensi atau pun obesitas untuk menurunkan kadar garam serta menurunkan berat badan. Kandungan ini juga dipercaya dapat menekan gejala penyakit stroke. Cukup dengan mengonsumi satu buah pisang raja sebelum makan setiap harinya.

 

Baca Juga Manfaat Beras Ketan  Manfaat Kangkung 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *