Menu

Cara Atasi Kehamilan 11 Minggu Masih Mual

Cara Atasi Kehamilan 11 Minggu Masih Mual

Bagi ibu hamil, berbagai perubahan yang terjadi di dalam tubuh kerap terjadi. Mulai dari berat tubuh yang semakin bertambah, perasaan yang lebih sensitive hingga rasa mual yang selalu terjadi terutama di pagi hari. Berbicara soal mual memang tidak semua ibu hamil mengalaminya. Jika pun ada, biasanya terjadi di waktu waktu tertentu atau di awal bulan. Namun, ada juga yang terus menerus mengalaminya sehingga mau tidak mau harus dirujuk ke rumah sakit.

Seperti kehamilan 11 minggu masih mual serta muntah ternyata banyak juga terjadi loh. Tentu saja, hal ini tidak usah disikapi dengan berlebihan dalam artian bunda menjadi bingung serta khawatir. Bunda bisa pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat seperti obat obatan dan perawatan lainnya. Hal ini cukup penting agar tidak terjadi sesuatu hal yang membahayakan kesehatan ibu dan janin.

 

Adapun yang menjadi penyebab terjadinya mual serta muntah meski sudah 3 bulan masa kehamilan itu lebih diakibatkan oleh perubahan hormon pada tubuh. Meski di usia kehamilan ini tidak terlalu banyak, akan tetapi jika tidak terlihat adanya indikasi yang cukup serius bunda tak perlu khawatir. Akan tetapi, jika ternyata mual serta muntah yang cukup sering sebaiknya dirujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan rawat jalan dan obat.

 

Sebenarnya, usia kehamilan dibawah 20 minggu rentan dengan yang namanya mual dan muntah. Dan biasanya, dimulai pada minggu ke-5 dan frekuensi muntah paling tinggi itu terjadi di usia kehamilan 9 minggu. Perlahan demi perlahan, mual muntah akan hilang dengan sendirinya hingga minggu ke -20.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi kehamilan 11 minggu masih mual dan muntah ini?

Tentu saja, hal yang pertama dilakukan adalah mengubah pola makan. Ya, hindari makan dengan jumlah banyak sekaligus sehingga perut terasa penuh. Setidaknya, lakukan makan dengan frekuensi teratur dalam jumlah sedikit. Kemudian, pilihlah menu makan yang tidak memicu terjadinya mual serta muntah seperti lemak misalnya.

Sebaliknya, gantikan menu makanan tersebut dengan protein serta kaya serat. Jangan lupa, konsumsi juga permen mint, minum minuman yang beraroma jahe serta vitamin B6 sehingga bisa menurunkan potensi untuk mual muntah.

Hindari juga bau bauan yang cukup menyengat yang dapat memicu mual muntah itu timbul. Bunda bisa ganti dengan terapi yang menyenangkan serta aman untuk dihirup. Sesekali, hiruplah udara segar dengan membuka jendela lebar lebar atau sekedar jalan jalan sore. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan rasa mual dan muntah.

Jika pun cara diatas ternyata tidak juga menghilangkan mual muntah yang bisa menyebabkan dehidrasi maka sebaiknya bunda pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan secara intensif.

 

Baca Juga Boleh Tidak Joging Saat Lagi Hamil ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *