Menu

Curug Cibadak Cisangkal Garut

 

Curug Cibadak Cisangkal Garut

Panorama yang sempurna di Garut selatan tidak hanya di pantai, akan tetapi banyak hal wisata yang sudah muncul di media sosial seperti air terjun di selatan Garut, termasuk salah satunya Air Terjun Cibadak yang berada di Desa Cisangkal, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut. Curug Cibadak ini sangat luar biasa dari segi pemandangan, udara yang belum terkontaminasi oleh pabrik limbah, bahkan ekosistem di sekelilingnya masih murni, sesekali terlihat masih ada ikan di sungai ini di tambah dengan hamparan pesawahan yang menambah kenyamanan anada jika mengunjungi ke tempat ini.

Asal mula Nama Curug Cibadak atau air terjun Cibadak ini, pada jaman dulu katanya Badak besar di daerah ini yang lalu lalang, tapi pada beberapa hari Badak yang besar yang dikeluarkan dari air terjun tersebut saat ini air terjun tersebut di namakan Curug Cibadak / Air terjun Cibadak, Ci dalam bahasa Sunda Air dan Badak di ambil dari nama hewan ini yang jatuh kala itu jadi lah bernama Curug Cibadak.

Untuk Mendapatkan Pemandangan yang sempurna Anda diminta datang di pagi hari atau sakit hari karena di pagi hari Anda akan di suguhkan oleh udara yang sangat sejuk, Karena d ari udara yang sejuk Anda akan mendapatkan oksigen yang sempurna untuk kesehatan Anda yang dapat membantu sistem pencernaan, peredaran darah, mencegah selkanker dan banyak lainnya.

Air Terjun Cibadak ini dikelola oleh penduduk desa Cisangkal pada akhir 2019 dengan tiket masuk i tu mulai berjalan, tetapi tidak ada fasilitas tambahan dari si pengolola karena sumber daya yang terbatas dan sumber dananya karena tidak ada dana dari pemerintah untuk dikelola dengan baik, karena memungkinkan masih belum banyak wisatawan dari luar daerah yang datang ke tempat ini belum bisa merelokasikan tempat ini dengan maksimal.  Meskipun berada di pedalaman akar panah, keindahan air terjun Cibadak, yang menyediakan dua tingkat air terjun ini.

Ketinggian Air Terjun Cibadak pernah digunakan oleh tim pendaki dan tim ekspedisi dari Metro TV. Ternyata Curug Cibadak, ditentukan dari titik air terjun pertama, lebih tinggi dari 100 meter, yang pasti lebih tinggi dari Air Terjun Sanghiyang Taraje.

Curug Cibadak tidak jauh dari desa, terletak di sebelah kiri jalan. Bahkan dari jalan, Anda dapat benar-benar menikmati pemandangan Air Terjun Cibadak, hanya beberapa meter dari akses jalan utama, dan Anda tidak perlu berjalan jauh untuk mencapai tempat itu, karena terdapat 2 pilihan yang dapat Anda pilih langsung di sungai yang dapat ditemukan banyak untuk mencapai pusat air terjun langsung.  Pemandangan di sekitar Curug dalam bentuk pemandangan hijau sawah dan pertanian, yang masih dihuni penduduk lokal sehingga bisa memanjat mata Anda untuk mendapatkan pemandangan yang indah, serta angin sejuk meningkatkan cipratan udara yang membasahi tubuh Anda membuat pengunjung sangat menikmatinya.

Akses Menuju Lokasi >>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *