Menu

Ini Dia Manfaat Jambu Air untuk Ibu Hamil

Ini Dia Manfaat Jambu Air untuk Ibu Hamil

 

Kita semua sepakat jika jambu air merupakan buah yang banyak tumbuh subur di Indonesia. Adapun jambu air ini memiliki karakter serta rasa yang berbeda beda meski satu ras. Meski demikian, manfaatnya cukup besar terutama bagi ibu hamil.

 

Ya, selain kandungan airnya yang sangat banyak, jambu air ini memiliki banyak kandungan gizi yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Apalagi, jika dimakan saat cuaca panas terik karena kandungan airnya mampu memberi rasa segar.

Nah, apa saja manfaat jambu air untuk ibu hamil? Berikut penjelasannya :

 

Mengandung Vitamin A

 

Saat hamil, ibu akan membutuhkan banyak vitamin guna pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan. Nah, salah satu supply vitamin alami yang bisa dikonsumsi adalah jambu air. Kandungan Vitamin A pada jambu air dipercaya bisa menjaga kesehatan mata ibu yang sedang hamil. Bahkan, secara medis juga ternyata vitamin A mampu meningkatkan fungsi dari sel sel darah putih. Dimana peran dari sel darah putih ini sebagai antibodi sehingga imun ibu hamil akan meningkat.

 

Mengandung Vitamin C

 

Salah satu manfaat jambu air yang tak kalah dahsyatnya adalah mampu menjaga kulit selama kehamilan. Kita tahu, kulit akan melebar seiring dengan pertumbuhan janin jadi perlu mengkonsumsi vitamin C agar keelastisan kulit tidak hilang. Satu lagi, buah ini bisa membuat daya tahan tubuh semakin meningkat sehingga berbagai penyakit tidak mudah menyerang.

 

Mengandung Serat

 

Buah jambu air ini memiliki kandungan serat untuk melancarkan sistem pencernaan. Kita tahu, perubahan hormon yang terjadi membuat ibu hamil terkadang sulit untuk BAB alias sembelit.  Bahkan, jambu air menawarkan manfaat lainnya yaitu merangsang pembuangan air seni sehingga lancar.

 

Mengandung  Air

 

Bukan rahasia lagi, jambu air memiliki kandungan air yang cukup banyak. Yang tentu saja, sangat bermanfaat dalam menetralkan suhu tubuh ibu hamil. Dimana kondisi ini kerap terjadi karena perubahan hormon yang terjadi selama hamil.

 

Tak hanya itu, kandungan airnya yang cukup banyak mampu mengusir rasa haus. Sehingga ibu hamil tidak mudah dehidrasi serta bisa memelihara organ pencernaan terutama ginjal.

 

Bagaimana, cukup banyak kan manfaat dari jambu air untuk ibu hamil? Untuk itu, sangat disarankan agar selalu mengkonsumsi jambu air namun sebaiknya jangan berlebihan. Ibu hamil harus memvariasikan aneka buah yang dikonsumsi agar kandungan gizi serta nutrisinya terpenuhi dengan baik.

 

Satu lagi, pastikan kondisi buah jambu air masih dalam keadaan segar alias tidak busuk. Hal ini penting agar tidak menimbulkan masalah kesehatan dan tentu saja, bagi perkembangan janin yang ada. Di beberapa pasar tradisional maupun pusat buah cukup banyak variasi jambu air yang bisa dipilih. Untuk itu, pilihlah buah yang manis dan tidak asam serta bebas dari ulat. Selamat menikmati!

 

Baca Juga Manfaat Brokoli Bagi Ibu Hamil

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *