Menu

Ini Dia Manfaat Sawo bagi Ibu Hamil

Manfaat Sawo bagi Ibu Hamil

Ketika sedang hamil sejak bulan pertama hingga menjelang kelahiran, nutrisi yang diterima oleh ibu hamil harus maksimal. Karena pada saat masa-masa kehamilan tersebut ibu hamil harus memakan makanan yang sehat dan tentunya bernutrisi seperti buah dan sayur. Ada banyak sekali buah-buahan yang dapat dikonsumsi oleh wanita hamil, namun yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah buah-buahan yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi untuk tetap memenuhi kebutuhan nutrisi harian wanita hamil. Salah satunya adalah sawo.

 

Namun banyak masyarakat yang mempercayai bahwa kandungan yang terdapat di dalam buah sawo tersebut akan membahayakan kesehatan ibu dan juga bayi yang berada di dalam kandungan. Padahal hal tersebut adalah mitos yang berkembang tanpa diketahui faktanya. Jenis buah tropis dengan rasa manis ini ternyata memiliki beragam manfaat yang baik untuk wanita hamil. Berikut ini adalah manfaat buah sawo bagi ibu hamil:

 

  1. Meningkatkan sistem imunitas

Kondisi tubuh seorang ibu hamil tidak bisa diprediksi karena selalu berubah-ubah dan tidak stabil sehingga membuat mereka menjadi lebih mudah terserang penyakit. Ketika sedang sakit, para ibu hamil tentu saja mengkhawatirkan kondisi kesehatan janin yang berada di dalam kandungannya. Anda bisa meningkatkan sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi sawo. Karena di dalam buah ini terdapat kandungan sukrosa dan fruktosa alami yang sangat bermanfaat untuk membantu sistem imunitas pada ibu hamil.

 

  1. Membantu mengurangi stress

Menjelang waktu kelahiran biasanya para ibu hamil merasa khawatir dan tidak tenang. Kadang juga mereka merasa stress karena takut untuk menjalani proses persalinan yang semakin dekat. Dengan mengkonsumsi buah sawo pada saat masa kehamilan trimester akhir akan membantu para ibu hamil untuk mengurangi stress yang mereka alami. Hal tersebut dikarenakan oleh sawo memiliki kandungan penenang alami yang akan membantu ibu hamil untuk mengurangi rasa khawatir mereka menjelang waktu persalinan.

  1. Menjaga sistem pencernaan dalam tubuh

Para ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi buah sawo secara teratur namun tidak secara berlebihan. Karena biasanya ibu hamil sering mengalami gangguan pencernaan oleh sebab itu kandungan serat yang terkandung di dalam sawo akan membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit yang tentu akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman.

 

  1. Cegah terjadinya anemia

Di dalam sawo terkandung zat besi yang cukup tinggi. Kandungan zat besi di dalam buah sawo tersebut memiliki peran yang cukup akfit untuk membantu ibu hamil mencegah penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah.

 

  1. Dapat menurunkan berat badan

Jika ibu hamil mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan maka dengan mengkonsumsi sawi ibu hamil akan terhindar dari masalah obesitas. Hal tersebut dikarenakan sawo yang bagus untuk menjaga sistem pencernaan.

 

Baca Juga Pentingkah Gurita Bagi Ibu Melahirkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *