Menu

Iuran SPP SMA dan SMK Negeri di Jabar Gratis Tahun Ini

Iuran SPP SMA dan SMK Negeri di Jabar Gratis Tahun Ini ??

Bagi orang tua yang mempunyai anak tentu kabar ini bisa menjadi kabar baik karena di saat masa pandemi ini banyak orang yang mempunyai masalah dalam keuangan di karenakan COVID-19 ini, tentu bagi para orang tua biaya sekolah adalah biaya yang sangat penting dari pada biaya makan dirinya karena para orang tua selalu memikirkan bagai mana pendidikan anaknya supaya sang anak bisa menjadi lebih baik dari pada orang tua, hal ini selalu di iringi oleh biaya yang selalu di kucurkan untuk tiap bulannya, bagi kalangan yang yang kurang mampu ini selalu menjadi ganjalan tersendiri dalam pembiayaan, beda dengan kalangan berada biaya pendidikan tidak menjadi masalah.

Pemprov Jabar akan berencana menggratiskan untuk iuran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) untuk SMA dan SMK negeri pada tahun ajaran 2020/2021.
Pada 28 Desember 2019, Gubernur Jawa Barat Bapak Ridwan Kamil memastikan biaya SPP atau iuran bulanan peserta didik (IBPD) untuk SMA sederajat dibebaskan pada 2020. Anggaran Rp 1,4 triliun disiapkan untuk merealisasi kebijakan tersebut.

Wakil Ketua Komisi V DPRD Jawa Barat Abdul Hadi Wijaya mengatakan anggaran untuk menggratiskan SPP SMA/SMK sederajat kemungkinan terealisasi pada tahun ajaran 2020/2021. Pasalnya dana tersebut tak tersentuh refocusing anggaran COVID-19.
“Jadi itu sudah menjadi keputusan di APBD 2020 tahun ini, ada SMA/SMK dan SLB negeri yang ada di wilayah kewenangan Pemprov, itu ada iuran SPP yang digratiskan selama 6 bulan, Juli sampai Desember 2020,” ujar Abdul saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (6/6/2020).

DPRD Jabar, ia menegaskan, mendukung penuh program tersebut. Apalagi kebijakan itu bisa menjadi angin segar bagi orang tua yang ekonominya terdampak pandemi Corona.

“Anggarannya tidak diganggu (refocusing) dan dialihkan untuk program realokasi COVID-19, ini program prioritas gubernur dan dewan mendukung itu. Saya salah satu anggota banggar yang hadir full dalam pembahasan anggaran untuk program iuran bulanan pendidikan gratis di APBD 2020 ini,” tuturnya.

Sumber @infobandungkota

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *