Menu

KEBUTUHAN FISIOLOGIS BAGI MANUSIA

KEBUTUHAN FISIOLOGIS BAGI MANUSIA

Kebutuhan oksigen diperlukan untuk proses kehidupan. Malas kebutuhan oksigen merupakan masalah utama dalam memenuhi kebutuhan manusia hal ini telah terbukti pada seseorang kekurangan oksigen akan semakin meningkat. Kebutuhan oksigen dalam tubuh harus terpenuhi. Jika kebutuhan oksigen dalam tubuh berkurang maka akan terjadi kerusakan pada jaringan otak dan menyebabkan manusia cepat lelah. Sistem yang membantu dalam proses memenuhi kebutuhan adalah sistem pernapasan, persarafan dan kardiovaskuler. Pada manusia proses memenuhi kebutuhan oksigen dapat dilakukan dengan cara membantu oksigen melalui saluran pernapasan.

  • Oksigen

Oksigen merupakan proses yang memenuhi O2 ke dalam sistem (kimia atau fisika). Oksigen terdiri dari gas yang tidak dikeluarkan dan yang dibutuhkan dalam proses pengolahan sel. Akibat oksigen terbentuklah karbon dioksida, energi, dan udara. Meski begitu, membahas CO2 yang melampaui batas normal pada tubuh, makan akan memberikan cukup signifikan terhadap aktivitas sel. Kebutuhan terhadap oksigen tidak tetap, dalam jumlah tertentu membutuhkan oksigen dalam jumlah besar, faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan oksigen dalam Lingkungan lain, Lingkungan, gaya hidup, dan status kesehatan.

  1. Lingkungan saat ini Lingkungan yang panas, merespon tubuh dan mengganti vasodialitas pembuluh darah, akibatnya banyak mengalir ke kulit. Keadaan itu menghabiskan panas banyak dikelurakan melalui kulit, sementara mengaitkan lingkungan terhadap oksigen juga di tentukan oleh ketinggian tempat, semakin tinggi maka akan semakin sedikit menggunakan oksigen nya.
  2. Emosi merupakan gejolak dalam jiwa yang biasanya diluapkan atau di aplikasikan dalam bentuk perilaku yang tidak terkendali. Di saat seseorang mengalami perubahan, seperti yang timbul rasa takut, cemas dan marah akan meningkatkan denyut jantung sehingga membutuhkan oksigen meningkat, jadi jangan marah-marah ya hehe.
  3. Gaya hidup mempengaruhi status oksigen, misalnya pada seseorang perokok dapat memperburuk penyakit arteri koroner dan pembuluh darah arteri. Nikotin yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan vasokontriksi pembuluh darah dan pembuluh darah koroner.
  4. Status Kesehatan pada orang yang memiliki penyakit jantung atau penyakit pernapasan, dapat mengatasi masalah dalam pemenuhan kebutuhan oksigen tubuh. Sebaiknya pada orang sehat, sistem kardiovaskuler dan sistem respirasi membuat dengan baik sehingga dapat memenuhi kebutuhan oksigen tubuh dengan kuat.
  • Kebutuhan Cairan

Kebutuhan cairan dan elektrolit sangat berguna dalam fungsi tubuh manusia. Kebutuhan cairan dan kebutuhan manusia, sesuai dengan tingkat usia seseorang. Misalnya, bayi membutuhkan cairan yang berbeda dengan orang dewasa. Bayi memiliki tingkat tinggi udara lebih tinggi meningkat permukaan tubuh yang relatif luas dan presentase udara tubuh lebih tinggi dibandingkan dengan orang dewasa. Kebutuhan cairan sangat dibutuhkan dalam tubuh Karena berguna untuk mengangkut zat makan ke dalam sel, zat sisa, zat pelarut elektrolit dan nonelektrolit, diperlukan agar dapat membantu penghindaran suhu tubuh, dan membantun, membutuhkan kebutuhan cairan, elektrolit (natrium, kalium, kalsium, klorida, dan fosfat) sangat penting untuk keseimbangan asam-basa, kondisi saraf, kontraksi muskulor dan osmolaris. Kondisi tidak terpenuhinya kebutuhan cairan dan elektrolit dapat memepengaruhi sistem organ tubuh terutama ginjal. Untuk mempertahankan kondisi cairan dan elektrolit dalam keadaan seimbang maka pemasukan harus cukup sesuai dengan kondisi tubuh.

  • Kebutuhan Terbebas Dari Rasa Nyeri

Rasa nyaman diperlukan setiap orang memberikan persepsi yang berbeda terhadap rasa sakit. Nyeri merupakan sensasi yang rumit, unik, universal, dan individu yang individual, merespon individu yang individu karena respons individu terhadap kerumitan beragam dan tidak disamakan dengan orang lain. Penyebab rasa nyeri dapat digolongkan menjadi dua bagian, yaitu fisik dan psikologis

  1. Nyeri Fisik yang disebabkan oleh faktor fisik yang terkait dengan reseptor saraf serabut saraf, serabut saraf ini disediakan dan tersebar di lapisan kulit dan pada jaringan-jaringan tertentu yang terhubung dengan, menghubungkan dengan fisik yang dihasilkan oleh trauma.
  2. Nyeri Psikologis yang menyebabkan faktor psikologis merupakan penyebab yang bukan karena organik yang menyebabkan trauma psikologis dan pengaruh terhadap fisik.
  • Kebutuhan Seksual

Seksualitas dalam arti luas adalah semua aspek badaniah. Seksualitas adalah keinginan untuk berhubungan dengan kehangatan, kemesraan dan cinta, termasuk di dalamnya terkait, berbicara, dan bergandengan tangan, tapai ingat harus di sahkan dulu ya sama penghulu alias halal dulu ya hehehe. Seksualitas mengandung makna yang luas bagi manusia karena manusia lahir hal ini sudah menyertainya. Hubungan seks dengan psikososial tentang pendidikan tentang seks harus dibahas, sebab jika menitikberatkan pada satuan aspek saja makan akan terjadi masalah keseimbangan dalam hal ini pada individu maupun masyarakat dalam jangka pendek atau jangka panjang.Terkait seks yang sehat dengan kemampuan yang memperoleh pengalamn seksi tanpa rasa takut atau rasa percaya, jatuh cinta pada saat yang tepat dan menikah dengan pasangan pilihan serta memepertahankan rasa cinta dan daya tarik seksi bersama pasangannya. Pasangannya tidak memiliki gangguan atau peralihan serius yang dapat mengganggu, merusak atau mengalihkan hubungan yang bahagia. 

Selanjutnya

Kebutuhan Istirahat dan Tidur

Untuk kebutuhan nutrisi dan eliminasi 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *