Menu

Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

Kebutuhan Gizi Ibu Hamil 

Ibu hamil berharap memperhatikan besar asupan gizi yang sangat dibutuhkan untuk janin yang sedang berkembang, seperti kebutuhan akan konsumsi, protein, ion, asam folat, kalsium, dan vitamin sederetan yang penting bagi perkembangan janin. Ibu hamil membutuhkan lebih dari 285 KKal tambahan energi dari kebutuhan perempuan dewasa yang tidak hamil berjumlah 1990-2400 KKal / hari. Untuk itu perlu suplai energi dari makanan-makanan yang dikonsumsi nya (sebagian besar catatan, jika sebelum hamil sudah bertambah kelebihan badan, baik untuk menambah suplai makanan selama hamil akan terjadi obesitas yang sangat mempersulit proses persalinan).

Nutrisi dan Makanan ibu Hamil

Beberapa kategori Makanan yang boleh dikonsumsi ibu hamil yaitu:

  • Makanan yang baik

Makanan baik memiliki arti sebagai makanan yang baik dalam hal prosesnya, cara memaksakannya kadar cadangannya dan lain-lain. Lebih baik memenuhi kriteria seperti bersih, layak konsumsi (Tidak suka, warna cerah, rasa wajar, aman mengandungnya (hindari MSG dan Vetsin) serta benar-benar dalam proses (matang dan menggunakan bahan alami).

  • ¬†Makanan yang sehat sesuai kebutuhan¬†

Kebutuhan Nutrisi untuk wanita hamil diantaranya;

  1. Energi. Tambahan energi selain untuk ibu, janin juga perlu untuk tumbuh kembang. Banyaknya energi yang dibutuhkan sekitar 80.000 KKal atau membutuhkan 300 KKal sehari.
  2. Protein. Merupakan zat gizi untuk pertumbuhan. Penambah protein selama kehamilan tergantung kecepatan pertumbuhan janin nya. Kebutuhan protein pada trimester 1 hingga trimester 2 kurang dari 6 gram setiap pengiriman, sedangkan pada trimester 3 sekitar 10 gram setiap pertemuan, Kebutuhan protein dapat di dapat dari nabati maupun hewani.
  3. Lemak. Dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan janin selama dalam kandungan sebagai kalori utama. Lemak merupakan sumber tenaga dan untuk pertumbuhan jaringan plasenta. Selain itu, lemak yang disiapkan untuk persiapan ibu yang sedang menyusui. Rata-rata lemak naik pada kehamilan trimester 3.
  4. Karbohidrat. Merupakan sumber utama untuk tambahan kalori yang dibutuhkan selama kehamilan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Jenis karbohidrat yang dibutuhkan adalah karbohidrat kompleks, seperti roti, sereal, nasi dan pasta.
  5. Vitamin. Ibu hamil membutuhkan lebih banyak vitamin dibandingkan wanita tidak hamil. Kebutuhan vitamin Diperlukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan proses diferensiasi sel. Kebutuhan vitamin, Asam Folat, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, Vitamin K.
  6. Mineral. Ibu hamil juga membutuhkan lebih banyak mineral, dibandingkan sebelum hamil. Kebutuhan Mineral Diperlukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan proses diferensiasi sel.

Kebutuhan Mineral antara lain :

  • Zat Besi. Kebutuhan Zat gizi akan meningkat 200-300 juta gram dan selama kehamilan yang dibutuhkan sekitar 1040 miligram Zat Besi dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin.
  • Zat Seng. Digunakan untuk pembentukan tulang selubung dan saraf ulang belakang.
  • Kalsium. Kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi, membantu pertumbuhan berkontruksi dan berdilatasi, serta mengantarkan sinyal syaraf, kontraksi otot dan sekresi hormon.
  • Yodium Ibu hamil manfaat yang dikonsumsi yodium. kekurangan yodium akan menyebabkan hipotirodisme yang berkelanjutan. yodium banyak ditemukan pada hidangan laut , rumput laut dan lain-lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *