Menu

Kebutuhan Gizi Ibu Menyusui

Kebutuhan Gizi Ibu Menyusui

Berikan keseimbangan pada saat pemberian merupakan hal yang sangat penting terkait erat dengan produksi air susu. Pemenuhan gizi yang baik untuk ibu akan membantu terhadap status gizi ibu menyusui dan kendi tumbuh kembang bayinya. Komponen di ASI diambil dari ibu jadi harus di gantikan oleh konsumsi makanan yang cukup. Oleh karena itu, ibu membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dengan makanan dan masa makan jumlah yang harus tetap beraneka ragam dan jumlah porsi yang sesuai. Ibu membayar juga menyediakan makanan tambahan untuk memproduksi 600-800 ml ASI per hari, dibutuhkan tambahan kalori sebanyak 500 KKal. jika tidak di imbangi peningkatan makanan, sumber kalori tersebut akan di ambil dari tubuh ibu nya sehingga meningkatkan status gizi ibu dan bayinya.

Pada umumnya tidak ada makanan yang khusus ditawarkan untuk ibu menyusui. Mereka harus makan seperti biasa dengan menu beragam sesuai pola makan yang seimbang empat sehat lima sempurna, porsinya saja yang perlu ditambah, baik melalui makan besar maupun cemilan.

Beberapa Kebutuhan Gizi Ibu Menyusui

  1. Karbohidrat. saat enam bulan pertama dibutuhkan ibu akan meningkat sebesar 65 gr per hari atau setara dengan 1,5 porsi nasi.
  2. Protein. Sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produksi air susu. Ibu mengonsumsi protein tambahan sebanyak 17 gr atau lebih dengan porsi daging 35 gr dan satu porsi 50 gr.
  3. Lemak. Lemak bekerja sebagai sumber tenaga dan membantu produksi ASI serta membawa vitamin larut lemak dalam ASI. Kebutuhan minyak dalam jumlah besar gizi seimbang 4 porsi atau sera dengan 4 sendok makan minyak (20 gr). Lemak dibutuhkan untuk ibu yang mengonsumsi lemak tak jenuh seperti omega-3 dan omega-6.
  4. Vitamin dan Mineral. Ibu menyusui membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral dari ibu hamil. Kadar vitamin dalam ASI sangat dibutuhkan oleh vitamin yang dikonsumsi ibu, jadi vitamin tambahan pada ibu akan menambah kadar vitamin ASI. Vitamin yang penting dalam masa kehamilan adalah vitamin B1, B6, B12, vitamin A, yodium dan selenium. Jumlah kebutuhan vitamin dan mineral adalah 3 porsi sehari dari sayuran dan buah-buahan. Ibu yang rentan. Untuk menghindarinya, ibu hamil meminta suplemen baik vitamin dan mineral khusus Vitamin A dan Zat Besi.
  5. Cairan. Ibu sangat butuh susu agar bisa menghasilkan susu dengan cepat, dibutuhkan minum 2-3 liter air perhari atau lebih dari 8 gelas air sehari-hari. Lebih banyak berkeringat dan demam yang direkomendasikan untuk minum> 8 gelas sehari. Waktu minum yang baik adalah pada sat bayi sedang minum atau sebelumnya jadi cairan yang diminum bayi bisa di ganti.

Kebutuhan Gizi Ibu menyusui  atau kebutuhan nutrisi selama nutrisi air susu dan jumlah nutrisi penghasil susu. ibu membayar di senang mendapat tambahan makanan 800 KKal yang digunakan untuk membeli ASI dan untuk kegiatan ibu itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *