Menu

Kebutuhan Gizi Seimbang Bagi Wanita Dewasa

Kebutuhan Gizi Seimbang Bagi Wanita Dewasa

Makanan seimbang didefinisikan sebagai makanan yang mengandung semua zat gizi yang di perlukan oleh tubuh kita dalam jumlah seimbang. Makanan dan komposisi seimbang ini di perlukan zat gizi untuk pertumbuhan, perkembangan dan pemeliharaan. Tubuh manusia membutuhkan aneka ragam makanan yang di jamin mengandung sumber karbohidra (nasi,roti, kentang, mi, singkong dan lain-lain.), sumber protein hewani maupun nabati (ikan, telur, daging, ayam,tempe, tahu, kacang-kacangan), sumber vitamin dan mineral buah-buahan sayur-sayuran, minyak (minyak goring, santan, mentega,) danair. Dalam keadaan normal tubuh mengatur ke seimbangan antra energy yang di peroleh dari makanan dengan energi yang di perlukan oleh tubuh, guna mempertahankan kelangsungan fungsi tubuh. Pada orang dewasa pertumbuhan tidak lagi terjdi kebutuhan zat-zat gizi lebih tergantung pada aktivitas fisiknya. Pada umumnya semakin tinggi dan semakin berat badan seseorang maka kebutuhan energinya juga perlu di tambahkan.

Tidak ada jenis bahan makanan yang mengandung semua zat gizi yang di perlukan oleh tubuh. Aneka ragam makanan dapat di lengkapai dan menutupi kekurangan kebutuhan tubuh. Oleh Karena itu variasi makanan perlu diperhatikan makanlah makanan sesuai energy yang di butuhkan, apabila kelebihan asupan makanan dapat menyebabkan diabetes, jantung koroner, dan lainnya. Sebaliknya kekurangan asupan makanan dapat menyebabkan badan kurus dan daya tahan tubuh menurun.

Kebutuhan Nutrisi Wanita Dewasa

Secara umum, kebutuhan wanita dan pria memiliki perbedaan.wanita memiliki kebutuhan nutrisi tersendiri dalam jenjang usianya. Seorang wanita yang berusia 20 tahun memerlukan asupan kalsium dan asam folat yang membangun kalsium tulang. Pembangunan tulang setidaknya membutuhkan 1000 mg kalsium setiap hari. Memasuki usia 30 tahunan, perempuan akan mengalami perubahan dalam tubuh, seperti metabolisme yang melambat karena mulai mengalami kehilangan massa ototnya. Masuk ke usia 40 tahunan perempuan diwajibkan untuk melindungi jantung karena kolesterol dan tekanan darah akan meningkat seiring mendekati fase menopause. Sayuran berwarna hijau gelap dan buah-buahan segar, vitamin D, dan antioksidan dapat melindungi jantung.

Asupan gizi yang harus dipenuhi oleh wanita dewasa antra lain :

  • Karbohidrat

Karbohidrat meupakan salah satu gizi yang diperlukan oleh tubuh. Karbohidrat berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh, mempercepat waktu pemulihan tubuh menjaga kondisi tubuh agar tetap prima dalam melakukan aktivitas, serta sebagai performa dan kapasitas kesehatan tubuh yang baik.

  • Protein

Dalam proses pencernaan, protein akan dipecah menjadi satu-satunya dasar kimia yang kemudian diserap dan di bawah oleh aliran darah keseluruhan tubuh dimana sel-sel jaringan mempunyai kemauan untuk mengambil asam amino yang diperlukan untuk kebutuhan tubuh membangun dan memelihara kesehatan jantung.

  • Kalsium

Kalsium adalah jat gizi esensial yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Pada dasarnya kalsium berperan untuk menjaga kekuatan tulang gigi sehat.

  • Besi

Besi pada dasarnya zat gizi merupakan nutrisi penting untuk fungsi tubuh dan memiliki peran dalam sistem imun serta transport oksigen.

  • Vitamin dan Mineral

Vitamin dan Mineral berfungsi untuk memperkuat tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Vitamin dan mineral dapat ditemukan pada makanan sehari-hari, seperti sayuran dan buah-buahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *