Menu

Kebutuhan Nutrisi Bagi Balita

Kebutuhan Nutrisi Bagi Balita

Kebutuhan nutrisi untuk balita merupakan prioritas utama dalam mencukupi kebutuhan gizinya setiap hari. Nutrisi yang dibutuhkan oleh balita sangat penting dalam menunjang pertumbuhannya hari demi hari. Masalah balita merupakan masa transisi di usia 1-2 tahun. Dan untuk memenuhi nutrisi yang dimulai dengan makanan yang padat agar dapat diterima dengan rasa yang baru ia coba.

Sebagian balita pada umumnya ditagih dengan asupan nutrisi yang sehat dan bergizi dari berbagai makanan. Pada usia balita dibutuhkan 1000-1400 kalori perhari tergntung dari usia besar dengan tingkat aktifitas si kecil. Jumlah kebutuhan nutrisi balita pada setiap anak saja berbeda-beda, yang penting orang tua harus menyediakan nutrisi yang berbeda setiap pertalian demi menunjang pertumbuhannya.

Berikut jumlah rata-rata kebutuhan nutrisi balita yang dibutuhkan setiap harinya pada balita usia 2-3 tahun:

  • Biji padi-padian

Pada usia balita 2 tahun jumlah biji padi-padian yang dibutuhkan perharinya yaitu 3 ons (85 gr). Sementara pada usia 3 tahun, jumlah yang dibutuhkan mencapai 4-5 ons (110-140 gr).

  • Sayuran

Pada balita usia 2 tahun jumlah yang dibutuhkan perhari yaitu satu gelas takar, sedangkan pada balita usia 3 tahun jumlah yang dibuuhkan mencapai 1,5 gelas takar. Sajikan sayuran yang telah dipotong halus dan matang hingga matang untuk anak tersedak-sedak.

  • Buah-buahan

Pada balita usia 2 tahun, jumlah buah-buahan yang dibutuhkan perharinya yaitu 1 gelas takar, sedangkan pada balita usia 3 tahun jumlah yang dibutuhkan mencapai 1,5 gelas takar. Untuk memverifikasi penggunaan menggunakan gelas takar. Pisang dengan panjang 20-23 cm sama dengan 1 gelas takar.

  • Susu

Pada usia balita 2-3 tahun jumlah susu yang dibutuhkan perharinya mencapai 2 gelas (400 ml). satu gelas susu sama dengan 1,5 ons (45 gr) keju alami atau 2 ons (60 gr keju yang sudah diproses.

  • Daging dan kacang-kacangan

Pada balita usia 2 tahun jumlah kacang dan kacang yang dibutuhkan perharinya yaitu 2 ons (25 gr), sedangkan pada balita usia 3 tahun jumlah yang dibutuhkan mencapai 3-4 ons (85-115 gr)

  • Kalsium

Balita membutuhkan asupan 500 mg kalsium perhari. Jumlah ini diperoleh dari dua gelas susu perhari. Balita sangat membutuhkan kalsium dan vitamin D, sedangkan sangat penting untuk membangun tulang yang kuat.

  • Zat besi

Semua yang dibutuhkan oleh balita setiap saat, zat besi dapat diperoleh dari beberapa bahan makanan seperti nasi, daging, ayam, ikan, kacang-kacangan, tahu, serta makanan kaya vitamin C, seperti brokolo, tomat, jeruk, dan strowberry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *