Menu

Kehamilan 37 Minggu Bayi Masih Aktif Bergerak

‘Apakah Kehamilan 37 Minggu Bayi Masih Aktif Bergerak.?

Memasuki kehamilan usia 37 minggu, maka bunda harus bersiap siap nih karena sebentar lagi momen melahirkan akan tiba. Di usia ini juga janin sudah memiliki berat serta ukuran yang hampir sama saat dilahirkan. Bahkan, diperkirakan berat janin berkisar 3 hingga 4 kg dengan panjang sekitar 50 cm.

Secara medis, proporsi tubuh janin di usia 37 minggu sudah siap untuk lahir secara sempurna. Dengan demikian, resiko kelahiran secara prematur pun bisa dihindarkan. Hebatnya lagi, kehamilan 37 minggu bayi masih aktif bergerak meski tidak seaktif pada minggu minggu sebelumnya. Hal ini dikarenakan ukuran janin yang membesar namun ruang gerakanya terbatas.

 

Tidak seperti minggu minggu sebelumnya, di minggu ini janin sudah terlihat secara sempurna dimana bulu halus atau Lanugo yang menyelimuti tubuhnya sudah hilang. Dan sepenuhnya sudah digantikan oleh kulit janin itu sendiri berbentuk rambut. Perkembangan organ organ di usia 37 minggu sudah baik dan berfungsi dengan sempurna. Dengan kata lain, janin sudah siap lahir ke dunia dengan teknik bernafas yang sudah sempurna.

 

Tidak dipungkiri memang, di usia 37 minggu kehamilan janin kerap kurang banyak gerak dikarenakan ruang yang cukup terbatas bagi dia untuk sekedar menendang. Bahkan, perlahan posisi untuk proses persalinannya menjadi salah satu faktor. Jadi, bunda tak perlu khawatir dengan situasi ini karena yang terpenting, di usia ini bunda harus mempersiapkan diri secara fisik dan mental menyambut kehadirannya.

 

Hanya saja, mengingat usia kehamilan terbilang cukup rawan dikarenakan waktu persalinan hampir tiba, maka sebaiknya bunda sering melakukan pemeriksaan ke dokter. Hal ini penting guna mencegah hal yang buruk seperti air ketuban yang semakin menipis, posisi janin yang tidak berada pada jalur keluar serta hal lainnya.

 

Biasanya, tim medis menganjurkan untuk memeriksakan kehamilan seminggu sekali sampai proses melahirkan. Satu lagi, bunda juga harus belajar bagaimana melenturkan otot rahim di usia kehamilan ini. Caranya cukup mudah dan sederhana yaitu melakukan olahraga secara teratur yang lebih menekankan peregangan otot di sekitar rahim.

 

Namun, lakukan olahraga ini sesuai dengan petunjuk dokter serta tidak dilakukan dengan terburu buru. Mengingat usia kehamilan yang sudah tua serta berat tubuh yang semakin bertambah. Jika pun ingin mengkonsumsi obat obatan herbal ada baiknya melakukan diskusi dengan pihak dokter. Di pasaran sendiri cukup banyak jenis ramuan herbal yang bisa dikonsumsi namun kepastian aman atau tidaknya perlu dipelajari lebih lanjut. Jika ragu, sebaiknya bunda tak usah mengkonsumsinya namun menggantikannya dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Hal ini penting untuk meningkatkan kesehatan, daya tahan tubuh serta kesiapan mental menyambut kelahiran si kecil yang sudah dinanti nantikan sejak lama.

 

Baca Juga Cara Mengatasi Mual di Saat 11 Bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *