Menu

Kenali Segudang Manfaat Salak Untuk Diet

Kenali Segudang Manfaat Salak Untuk Diet

Buah salak memang merupakan salah satu jenis buah yang sangat mudah ditemukan. Hampir semua orang khususnya di Indonesia pernah mengonsumsi buah salak. Namun tak sedikit dari mereka yang belum mengetahui manfaat salak untuk diet.  Buah salak adalah salah satu buah asli dari Indonesia, buah ini berasal dari wilayah Sumatera, Jawa, serta beberapa wilayah Indonesia Timur. Buah yang satu ini memiliki kulit yang kasar berwarna coklat, Anda harus berhati-hati ketika mengupas buah salak. Karena seperti yang kita lihat, cangkang buah yang kasar mampu melukai tangan Anda ketika tidak berhati-hati.  Warna dalam buah ini adalah putih dengan biji berwarna coklat yang berukuran cukup besar, hampir setengah ukuran daging buah salak.

 

Buah salak memerlukan waktu 5 hingga 7 bukan untuk mencapai proses kematangan  buah setelah terjadi penyerbukan. Pada umumnya, pohon salak akan cenderung terus berbuah sepanjang tahun di bulan Mei dan Desember. Buah yang satu ini memiliki rasa yang enak dan manis. Tak hanya itu, kandungan dalam satu buah biji salak juga tidak diragukan lagi. Beberapa  zat gizi yang baik bagi tubuh antara lain zat gizi mikro, makro dan juga serat.  Buah salak juga diperkaya zat besi yang cukup baik jika dikonsumsi oleh penderita anemia defisiensi besi. Salak juga mengandung vitamin A, B2 atau riboflavin, C, serta karbohidrat.

 

Tak sedikit orang tahu bahwa buah yang dikenal dengan nama lain snake fruit ini juga memiliki segudang manfaat yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Misalnya kandungan vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata. Vitamin A yang terdapat dalam beta karoten yang tersimpan di dalam salak ini bermanfaat untuk kesehatan mata jika dikonsumsi dengan rutin dan dalam jumlah yang tepat. Sehingga bagi Anda yang ingin terhindar dari gangguan penyakit mata, rajin-rajinlah mengonsumsi salak yang kaya akan vitamin A.

 

Manfaat salak untuk diet dapat dibuktikan dengan banyaknya serat yang terdapat dalam buah salak. Cobalah konsumsi buah salak setiap hari secara rutin dapat membantu mengurangi bobot tubuh. Seperti yang diketahui, buah yang kaya akan serat akan menibulkan efek kenyang lebih lama. Dengan demikian, jika Anda mengonsumsi buah salak secara rutin, maka akan cukup berpengaruh pada bobot tubuh Anda. Terlebih lagi jika Anda sedang melakukan program diet. Memakan salak dapat menjadi solusi yang tepat untuk menurunkan ataupun menjaga berat badan.

 

Salak juga dipercaya dapat mengendalikan kadar gula dalam darah. Sehingga tak heran jika salak sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Terdapat zat dalam buah salak yang mampu membantu meregenerasi sel pankreas untuk mengendalikan kadar gula dalam tubuh.

 

Baca Juga Tentang Berbagai Manfaat Salad dan Buah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *