Menu

Ketahui Posisi Janin 8 Bulan Dalam Kandungan

Ketahui Posisi Janin 8 Bulan Dalam Kandungan

Menginjak usia kehamilan 8 bulan memang hal yang sangat menggembirakan bagi para orang tua. Mengingat hanya tinggal menghitung hari saja menuju hari kelahiran sang jabang bayi. Sudah seharusnya Bunda mempersiapkan berbagai hal ketika memasuki usia kehamilan 8 bulan ini. Di awal usia tersebut, bayi dalam kandungan akan memiliki berat badan kurang lebih 2 kg dengan panjang sekitar 44 cm.  Posisi janin 8 bulan dalam kandungan berada di rahim bagian bawah dalam posisi siap lahir. Kepala biasanya berada di bagian bawah, namun tak jarang perubahan posisi bisa terjadi pada minggu-minggu menuju hari kelahiran bayi.

Tak hanya posisi janin 8 bulan dalam kandungan saja yang perlu diperhatikan oleh Bunda, berat badan Bunda pun akan bertambah seiring bertambahnya usia kandungan. Seorang perempuan hamil yang menginjak usia-usia ini akan merasa mudah lelah dan rahim akan semakin mengencang dari hari ke hari untuk bersiap menghadapi kelahiran bayi. Namun jangan terlalu khawatir, hal tersebut merupakan kondisi normal yang biasa dilalui oleh setiap perempuan hamil. Tak hanya dilihat secara fisik, perempuan hamil pada usia ini akan lebih sering buang air kecil mengingat rahim yang semakin membesar turut menekan kandung kemih sebagai tempat terkupulnya urine. Meski demikian, Bunda harus tetap menjaga asupan air mineral yang cukup setiap harinya.

 

Posisi janin dalam kandungan memang relatif berubah-ubah. Posisi janin menjadi sangat penting terlebih ketika usia kehamilan menjelang kelahiran. Posisi ini juga yang nantinya akan turut menentukan metode yang akan digunakan untuk persalinan bunda. Oleh karena itu, ketahuilah beberapa posisi janin dalam kandungan.

 

  • Posisi Posterior

Meskipun pada usia kehamilan 8 bulan posisi kepala bayi sudah berada di bawah, Bunda juga perlu mengetahui arah menghadapnya tubuh bayi di dalam kandungan. Normalnya, bayi akan menghadap ke arah tulang punggung agar mempermudah proses persalinan. Namun tak jarang, sebagian bayi menghadap ke perut ibu yang disebut juga dengan posisi posterior. Posisi ini dapat dilihat dari bentuk perut ibu yang tidak rata dan bergelombang di bagian depan. Selain menimbulkan rasa sakit pada punggung, posisi ini dinilai dapat mempersulit proses persalinan.

 

  • Posisi Melintang

Posisi berikutnya yang perlu bunda ketahui ialah posisi melintang. Posisi ini juga bisa terjadi pada janis usia 8 bulan dalam kandungan. Seperti namanya, posisi ini meletakkan kaki dan kepala bayi pada bagian kanan dan kiri perut ibu. Jika poisi ini terjadi pada usia kehamilan yang jauh dari waktu persalinan, maka bukan masalah besar yang perlu dikhawatirkan. Namun jika terjadi dalam usia menuju kelahiran, maka harus segera ditangani.

Baca Juga Cara Mengatasi Mual dalam 11 Minggu KehamilanPerkembangan Janin dalam 6 Bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *