Menu

Ketahui Resep Makanan Anak 1 Tahun Penambah Berat Badan

Ketahui Resep Makanan Anak 1 Tahun Penambah Berat Badan

Untuk menjaga agar anak tetap tumbuh berkembang dengan baik dan gizinya terpenuhi, maka resep makanan anak 1 tahun penambah berat badan memang perlu diperhatikan. Dengan demikian, anak yang menjadi prioritas para orang tua tidak akan mengalami kekurangan gizi atau bahkan gizi buruk karena tidak memenuhi asupan nutrisi yang sangat diperlukan oleh anak pada usia-usia ini. Berat badan menjadi salah satu indikator kesehatan tubuh setiap orang. Berat badan dapat menunjukkan apakan seorang anak tumbuh dan berkembang sesuai usianya atau tidak.

 

Terlebih ketika anak menginjak usia satu tahun. Resep makanan anak 1 tahun penambah berat badan harus diperhatikan betul oleh para orang tua. Pada usia inilah biasanya bayi mengalami pertumbuhan yang terbilang cukup pesat. Seiring bertambahnya usia, bayi juga akan aktif bergerak. Sehingga orang tua harus mampu memberikan makanan yang bergizi guna memenuhi kebutuhan bayi saat sedang aktif-aktifnya berberak. Makanan pendamping ASI atau MPASI biasanya diberikan sejak 6 hingga 7 bulan ke atas.

Resep makanan anak 1 tahun penambah berat badan memang sangat beragam dan banyak jenisnya. Berikut ini merupakan beberapa resep makanan anak 1 tahun penambah berat badan yang dapat Anda buat dirumah untuk buah hati tercinta.

 

  1. Bubur Pisang

Ketika anak sudah menginjak usi 7 bulan ke atas, maka para orang tua sudah diperbolehkan untuk memberi makanan pendamping ASI (MPASI). Dengan demikian, nutrisi yang didapatkan oleh anak tidak hanya didapat dari ASI saja, namun juga dari makanan pendamping yang kaya akan nutrisi. Salah satu Mpasi tersebut ialah bubur pisang. Cara membuat bubur pisang ini cukup mudah, Anda hanya tinggal mengahluskan pisang menggunakan sendok. Kemudian campurkan pisang dengan nasi yang sudah di blender. Tak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan ASI kedalamnya. Pisang terbukti memiliki serat, kalium, Vitamin C, serta kalori yang akan membantu tumbuh kembang anak.

 

 

  1. Alpukat

Selain buah pisang yang kaya akan nutrisi baik bagi pertumbuhan anak. alpukat juga terbukti dapat memenuhi gizi bagi anak jika dikonsumsi dengan teratur dan dalam jumlah yang diperlukan oleh tubuh anak. cara mengolah alpukat untuk menjadi makanan pendamping ASI ialah dengan cara di blender sampai teksturnya menjadi sangat lembut sehingga akan dengan mudah dilumat oleh bayi. Anda dapat menambahkan sedikit gula agar alpukat terasa manis dan lebih lezat ketika dikonsumsi oleh bayi. Tak hanya memiliki khasiat untuk menambah berat badan bayi, alpukat juga terbukti dapat melancarkan sistem pencernaan. Dengan demikian, Anda tak usah khawatir jika nantinya bayi akan mengalami sembelit. Alpukat yang kaya akan nutrisi dapat membuat bayi tumbuh dan berkembang dengan baik.

Baca Juga Menu Seimbang Untuk Ibu Menyusui Manfaat Jantung Pisang Bagi ibu HamilĀ 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *