Menu

Kuku Panjang Pada Anak Terhadap Kesehatan

Kuku Panjang Pada Anak Terhadap Kesehatan

Untuk kalangan wanita dewasa Kuku sangat lah berarti karena bisa menambah rasa percaya diri dan bisa membuat hati semakin merasa cantik, karean untuk sebagian wanita banyak yang merawat kuku dengan baik sehingga menjadi kuku yang cantik dan sehat.

Tetapi sebaliknya jika Kuku bagi anak-anak. Kuku merupakan lingkungan yang sangat disukai oleh  kuman untuk berkembang biak dan hidup, apalagi lagi jika kuku pada anak yang panjang. Sehingga, menggigit atau mengemut pada kuku bisa memungkinkan kuman pada kuku tersebut bisa masuk ke dalam tubuh anak itu. Hal ini bisa menyebabkan anak anda mengalami penyakit infeksi.

Ini lah beberapa penyakit infeksi yang bisa menyerang pada anak karena kurang menjaganya kebersihan tangan dan kukunya diantaranya:

  1. Diare

Kotoran yang berada dalam  kuku anak yang masuk ke dalam saluran pencernaan bisa menimbulkan anak mengalami diare. Anak-anak lebih rentan mengalami penyakit diare dikarenakan kekebalan pada tubuh anak pun tidak sekuat orang dewasa. Diare yang parah kemudian bisa membuat anak mengalami dehidrasi serta ketidak seimbang ktrolit dalam tubuh anak. Selain itu, diare juga bisa membuat anak-anak menyebabkan kekurangan nutrisi. Jadi, jangan dianggap sepele diare pada anak.

  1. Infeksi Cacing Kremi

Kebersihan pada tangan dan kuku yang tidak dijaga juga bisa menimbulkan  infeksi cacing kremi. Cacing kremi bisa menempel di dalam sela-sela kuku disaat anak menggaruk-garuk daerah anaknya, setelah anak dari kamar mandi, atau setelah anak mengganti popok. Kemudian, cacing kremi bisa masuk melalui saluran pencernaan anak disaat ia memegang makanan, menggigit pada kukunya, atau mengemut jari nya. Cacing kremi ini kemudian bisa tinggal di dalam usus besar dan rektum anak.

  1. Infeksi Kuku

Infeksi kuku bisa terjadi jika kuku pada  anak tidak di rawat dengan baik. Ini bisanya terjadi baik pada kuku tangan maupun pada kuku kaki. Infeksi kuku biasa nya di tandai dengan pembengkakan pada kulit di sekitar kuku, nyeri di area kuku, atau penebalan pada kuku. Pada beberapa kasus, infeksi kuku ini bisa serius sehingga perlu penanganan dokter.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *