Menu

Kumpulan Keluhan Ibu Hamil 8 Bulan

Kumpulan Keluhan Ibu Hamil 8 Bulan

Saat kehamilan telah memasuki masa 8 bulan, tentunya akan banyak keluhan yang dirasakan oleh ibu hamil. Biasanya Bumil akan mulai merasa sering Lelah, nyeri punggung, kaki membengkak dan juga akan mulai sering mengalami kontraksi palsu.

Salah satu hal yang mempengaruhi ketidaknyamanan ketika kehamilan telah memasuki masa 8 bulan adalah karena perubahan bentuk tubuh yang cukup signifikan karena perkembangan janin yang ada didalam rahim. Maka dari itu bunda tidak perlu khawatir bunda hanya perlu mengetahui penyebabnya dan coba cari solusinya.

Berikut adalag kumpulan keluhan ibu hamil 8 bulan yang dapat bunda cocokan dengan keluhan yang bunda alami :

1. Sakit Pada Punggung, Lutut dan juga Leher

Sakit punggung menjadi salah satu keluhan yang paling sering dialami oleh ibu hamil 8 bulan. Hal tersebut sebenarnya berkaitan dengan perkembangan janin yang semakin besar, sehingga mulai menekan pembuluh darah dan juga saraf di area panggul dan juga punggung, akibat tekanan tersebutlah akhirnya memicu rasa nyeri pada area punggung. Selain punggung yang juga terkena dampak tekanan adalah daerah lutut dan juga leher. Jika ingin meringankan rasa nyeri tersebut bunda bisa mandi dengan air hangat ya.

 

2. Sering Kegerahan.

Keluhan ini juga merupakan salah satu yang paling sering terdengar dari ibu hamil 8 bulan. Ibu hamil delapan bulan yang sering merasa kegerahan sebenarnya terjadi karena laju metabolisme tubuh bumil yang meningkat, selain itu saat hamil bumil juga mengalami perubahan hormone, serta peningkatan jumlah darah, nah hal tersebut akan memicu naiknya suhu tubuh. Saat merasa mulai kegerahan ada baiknya bunda mengenakan pakaian yang sifatnya longgar dan berbahan katun.

 

3. Kaki Bengkak

Sama seperti penyebab nyeri punggung, lutut dan leher, penyebab kaki bengkak juga dipicu karena pertumbuhan Rahim yang semakin besar sehingga membuat darah terbendung di kaki dan juga tungkai bumil. Untuk meredakan keluhan tersebut bumil bisa menompang kaki dengan bantal saat duduk maupun saat sedang tidur.

 

4. Kontraksi Palsu

Keluhan lain yang sering dirasakan oleh ibu hamil delapan bulan adalah, mulai seringnya dilanda kontraksi palsu. Kontraksi palsu adalah rasa mengencng pada bagian perut dan Rahim yang sering datang dan pergi. Beberapa hal yang pemicu hal ini adalah karena dehidrasi, kelelahan ataupun aktifitas seksual. Untuk mengatasi salah satu keluhan bu hamil 8 bulan ini maka dianjurkan bunda untuk banyak mengonsumsi air putih, mengubah posisi tidur dan mandi menggunakan air hangat.

 

5. Sering Buang Air Kecil

Ketika usai kehamilan semakin tua dan mendekati masa persalinan, maka janin akan mulai bergeran turun ke area panggul, nah karena hal tersebut maka akan terjadi tekanan ekstra pada kandung kemih. Maka dari itulah ibu hamil akan merasa sering ingin buang air kecil. Untuk mengatasinya bunda bisa melakukan senag Kegel, tetapi tetap jaga kebutuhan cairan tubuh ya bunda, ingat tetap konsumsi air 8 gelas sehari.

 

Baca Juga Posisi Janin di Saat 8 Bulan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *