Menu

Macam-Macam Makanan Yang Dibutuhkan Bayi

Macam-Macam Makanan Yang Dibutuhkan Bayi

Makanan terbaik bagi bayi adalah Air Susu Ibu ASI. Namun dengan bertambahnya umur bayi dan tumbuh kembang bayi memerlukan energy dan zat-zat gizi yang melebihi jumlah ASI. Bayi harus mendapatkan makanan tambahan atau pendamping ASI. Banyaknya ASI yang di hasilkan ibu tergantung dari status gizi ibu, makanan tambahan sewaktu hamil atau menyusui , stres, mental, dan sebagainya. Dianjurkan untuk memberi 100-110 Kkal energy tiap kg berat badan perhari. Oleh karena itu susu bayimengandung kurang lebih 67 Kkal tiap 100 cc. maka bayi diberikan 150-160 cc susu tiap hari kgBB, tetapi tidak semua bayi memerlukan jumlah enrgi tersebut.

Macam-Macam  Makanan Bayi

Pada prinsipnya bayi memerlukan pemberian makanan secara bertahap. Dari tahap awal yang dimulai dari yang cair lalu setengah padat, kemudian padat dan dilanjutkan makanan bias berupa nasi dan lauk pauk. Tidak ketinggalan juga asupan air, vitamin serta mineral unuk bayi haruslah cukup. Kondisi fisik bayi juga akan menentukan kesiapan menerima jenis asupan makan. Adapun kondisi fisik bayi tersebut meliputi berat dan tinggi badan bayi. Sesuai perkembangan fisik bayi dan pola makannya, selama masih dalam pemantauan orang tua dan dokter anak, bayi  akan mencapai proses tumbuh kembang yang optimal. Penting untuk diingat, seberapa banyak dan seberapa sering bayi makan, semuanya akan tergantung pada usia. Adapun macam makanan tersebut sebagi berikut :

  • Air Susu Ibu (ASI)

Bagai manapun ASI adalah asuoan terpenting pada bayi. Selain mengandung semua zat gizi yang diperlukan untuk tumbuh kembang bayi. ASI juga mengandung macam-macam substansi  anti infeksi yang mampu melindungi bayi terhadap berbagai infeksi

  • Susu Formula

Ibu bias mengonbinasikan ASI dengan susu formula yang komposisinya paling mirip ASI. Mungkin ibu bias mencoba petunjuk dokter terkait cara meramu formula dan beberapa banyak formula yang akan diberikan pada bayi

  • Makanan Padat

Masuk Usia 4-5 bayi sudah bias diberikan makanan padat, makanan padat pertama yang diperkenalkan hendaknya masih dalam bentuk bubur susu. Bubur susu bias terbuat dari bahan tepung sereal seperti beras, maizena, terigu atau havermount, ditamabh susu dan gula.

  • Makanan selingan

Makanan selingan untuk bayi biasanya hadir berupa biscuit yang memang dibuat khusus untuk bayi. Saat bayi biskuit bias dicampur menggunakan air matang biskuit dalam bentuk kepingan. Hal tersebut lebih baik dilakukan karena dapat melatih keterampilan jari jemari tangannya, serta merangsang pertumbuhan gigi pada bayi.

  • Buah Buahan

Selai n sumber vitamin dan mineral, buah-buahan juga menjadi sumber serat yang bagus. Menginjakan 6-8 bulan, bayi bias diberikan buah-buahan seperti jeruk, papaya, pisang, dan tomat. Beberapa buah tersebut bias diberikan dalam bentuk jus. Khusus untuk tomat rebuslah terlebih dahulu setelah dicuci dengan bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *