Menu

Makanan Untuk Bayi 7 Bulan

Makanan Untuk Bayi 7 Bulan

 

Ketika si kecil memasuki usia 7 bulan, maka si kecil akan mulai menambah kemampuannya, bulai dari kemampuan bicara, bergerak, bahkan juga makan. Sistem pencernaan bayi setiap harinya juga mengalami terus mengalami perkembangan, maka dari itu bunda juga harus menyesuaikan asupan makanan yang diberikan untuk si buah hati, agar mampu mendukung tumbuh kembang si kecil secara optimal.

Biasanya di usia 7 bulan si kecil sudah boleh mengkonsumsi makanan yang cukup padat, sebagai ibu akan memberikan Asi sekitar 700 sampai 950 ml untuk si kecil, Asi sebesar tersebut merupakan jumlah kumulatih asi yang diberikan oleh bunda selama 24 jam. Akan tetapi ada juga orang tua yang memilih untuk mulai memperkenalkan susu formula kepada si kecil saat berusia 7 bulan.

 

Makanan yang akan dijadikan asupan untuk si kecil sebaiknya harus tetap memenuhi kandungan nutrisi sehari-hari, sesuai kebutuhan oleh si kecil. Kita perlu memperhatikan keutuhan asupan nutrisi si kecil karena pada usia 7 bulan si kecil sudah mulai memasuki masa pengembangan kepribadian yang unik dan mulai mampu melakukan beberapa kegiatan secara mandiri.

 

Saat bayi berada di usia 7 bulan, si bayi mulai belajar mengontrol lingkungannya, pada usia ini pula si kecil mulai mengalami perkembangan kreatifitas, rasa ingin tahu bayi juga mulai mengalami perkembangan yang signifikan, maka dari itu si kecil akan mulai sangat aktif dan banyak bergerak. Melihat hal tersebut Ayah Bunda harus menjaga si kecil dengan baik agar dirinya tak membahayakan diri, dan Ayah Bunda juga harus memberikan asupan yang cukup untuk si kecil yang aktif.

 

Makanan yang harus diberikan untuk si kecil juga harus dapat merangsang pertumbuhan gigi, karena biasanya gigi pertama bayi akan tumbuh di usia 5 sampai 7 bulan. Akan tetapi jika si kecil saat berusia 7 bulan belum juga memiliki  gigi yang tumbuh, ayah bunda tidak perlu khawatir, karena setiap individu memiliki progresnya masing-masing.

 

Berikut adalah makanan-makanan yang di rekomendasikan untuk bayi berusia 7 bulan.

  1. Kacang Polong

Kacang polong kaya akan vitamin A, B, C dan juga asam folat sehingga baik untuk untuk si kecil.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar juga salah satu makanan yang baik untuk si buah hati saat usianya sudah memasuki 7 bulan, karena ubi jalar memiliki kandungna vitamin C, Vitamin E dan juga beta karoten

  1. Buah Plum

Buah plum dapat memberikan energi secara instan kepada bayi, karena buah ini memiliki kandungan serat alami dan juga zat besi.

  1. Ikan

Ikan adalah sumber makanan yang rendah akan lemak namun memiliki kekayaan protein didalamnya, maka dari itu ikan direkomendasikan untuk Ayah Bunda berikan kepada si buah hati saat usianya memasuki 7 bulan.

 

Baca Juga Kumpulan Keluhan Ibu Hamil Resep Makanan Anak Usia 1 Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *