Menu

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Manusia

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Manusia

 

Bawang merah, mungkin kita tahu bawang merah ini pasti selalu ada di dapur rumah, yups kita tahu bawang ini adalah sangat berperan penting dalam bumbu masakan di rumah tak ada bawang mungkin tak jadi masak hehe, nah di sisi bukan untuk membahas masakan tapi mau sharing manfaat bawang merah bagi kesehatan yang mungkin ada beberapa orang yang belum mengetahuai nya. Tapi ada beberapa orang yang tidak suka dengan bawang merah tersebut karena aroma nya yang khas atau rasanya tetap tinggal di dalam mulut, namun terlepas dari itu semua bawang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya sebagai berikut :

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Mengonsumsi bawang dapat menurunkan kadar gula darah karena senyawa belerang dan quercetin. Studi yang dilakukan tahun 2014 menunjukkan bahwa pasien dengan diabetes tipe 2 memiliki enzim hati normal dan kadar glikemik rendah.

2. Menyehatkan Pencernaan

Bawang mengandung sejenis serat larut yang disebut oligofructose, akan bertindak sebagai sumber makanan bagi bakteri menguntungkan di usus. Serat ini saat dikonsumsi akan membantu tubuh memepertahankan tingkat bakteri sehat yang baik. Bawang mencegah diare dan sembelit sehingga meningkatkan pencernaan yang sehat.

3. Mencegah Kanker

Pada umumnya bawang merah dapat menghancurkan sel-sel kanker payudara dan usus besar. Karena terdapat kandungan quercetin dan anthocyanin yang tinggi. Senyawa ini membuat lingkungan tidak menguntungkan untuk sel kanker dan ini akan mengakibatkan pertumbuhan sel kanker berhenti.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C pada bawang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan merangsang fungsi kekebalan tubuh. Selain itu polifenol dalam bawang bekerja sebagai antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh terhadap radikal bebas.

5. Mencegah Sakit Maag

Quercetin yang terdapat dalam bawang memiliki potensi untuk memerangi bakteri berbahaya seperti Escherichia coli (E. coli), Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus (S. aureus) dan Bacillus cereus. Jenis-jenis bakteri ini terkait dengan lambung dan kanker pencernaan.

6. Lindungi Mata

Kandungan belerang pada bawang baik untuk mata. Karena dapat meningkatkan kesehatan mata dengan merangsang produksi protein bernama glutathione yang bertindak sebagai antioksidan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *