Menu

Manfaat Beras Merah Untuk Perkembangan Bayi

Manfaat Beras Merah Untuk Perkembangan Bayi

 

Ketika bayi menginjak usia 6 bulan maka sang ibu akan disibukan mempersiapkan Makanan Pendamping ASI (MPASI) untuk si buah hati. Ternyata tak hanya beras putih saja yang dapat dijadikan sebagai bahan baku utama untuk MPASI, beras merah pun dapat dijadikan bahan baku untuk makanan si kecil lho. Manfaat beras merah untuk orang dewasa tentu sudah tidak usah diragukan lagi. Lalu bagaimana dengan pemberian beras merah pada bayi yang baru mengenal makanan?

MPSI merupakan sumber nutrisi tambahan yang bertujuan untuk kecukupan gizi pada anak anda. Pada tahap pengenalan seperti ketika bayi berusia 6 bulan sebaiknya hindari pemberian makanan-makanan padat untuk si buah hati. Untuk pengolahan beras merah sendiri, anda dapat mengolah beras tersebut menjadi bubur dengan campuran susu yang dapat membuat rasanya menjadi lebih gurih lagi. Berikut ini adalah manfaat yang terkandung di dalam beras merah untuk perkembangan si buah hati:

 

  1. Proses Metabolisme menjadi optimal

Beras merah merupakan salah satu jenis beras yang memiliki kandungan serat yang paling tinggi jika dibandingkan dengan jenis beras yang lainnya. Apabila si buah hati mengkonsumsi beras merah yang kaya akan serat sebagai MPASI maka ia akan kenyang lebih lama dari biasanya. Hal tersebut dikarenakan kandungan serat yang tinggi di dalam beras merah mampu membantu proses metabolisme dalam tubuh anak menjadi lebih optimal. Manfaat lain mengkonsumsi beras merah adalah akan mengurangi resiko terkena kanker usus.

 

  1. Dapat membantu proses pertumbuhan tulang

Beras merah juga memiliki kandungan magnesium yang tinggi dan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tulang sang buah hati. Magnesium merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh anak karena dapat membantu pertumbuhan otak serta organ vitam lainnya. Magnesium sendiri sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang anak anda agar menjadi kuat. Selain itu magnesium juga dapat mengoptimalkan produksi dari hormone insulin di dalam tubuh dan juga dapat mengurangi resiko diabetes.

 

  1. Bayi akan tidur lebih nyenyak

Bayi menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk tidur karena mereka membutuhkan waktu beristirahat yang cukup agar proses pertumbuhan dan perkembangan semua organ di dalam tubuh dapat berjalan dengan optimal. Dengan memberikan MPASI dengan bahan baku beras merah akan sangat membantu si buah hati tidur nyenyak. Pasalnya di dalam kandungan beras merah terdapat karbohidrat yang mampu menghasukjab enzim serotonin yang dapat berperan untuk mengatur waktu tidur anak dan merelaksasi otak. Anda dapat memberikan bubur beras merah beberapa jam sebelum anak anda tidur.

 

  1. Melancarkan Buang Air Besar

Pemberian MPASI dapat membuat anak anda mengalami sembelit karena organ pencernaannya masih melakukan adaptasi untuk mengolah makanan yang lebih padat. Dengan memberikan MPASI yang kaya akan serat seperti beras merah ini tentu akan membantu memperlancar pencernaan si buah hati.

Baca Juga Manfaat Bengkoang Bagi Ibu HamilĀ  4 Manfaat Beras Ketan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *