Menu

Manfaat daun Miana bagi kesehatan Manusia

Manfaat daun Miana untuk kesehatan Manusia

Daun Miana, mungkin sebagian besar dari Kita belum terlalu akrab mendengarnya. Tanaman yang satu ini memiliki nama latin Coleus scutellarioides ini memang lebih sering disebut daun iler di negara Indonesia. Banyak masyarakat yang memanfaatkannya sebagai tanaman hias karena bentuk dan warnanya yang cantik serta tumbuh dengan mudah.

Selain wujudnya yang indah, Daun Miana juga memiliki beragam khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Menurut penelitian, daun ini menyimpan cadangan yang berguna untuk meningkatkan pertahanan tubuh, seperti tanin, eugenol, dan masih banyak lainnya. Nah, langsung saja yuk kita simak beberapa manfaat daun miana di bawah ini. Mari membaca!

1.Bisa Mengatasi Luka

Selain luka di hati (galau), tak jarang Kita juga mengalami luka di kulit diakibatkan kecerobohan entah mungkin musibah yang memang tak bisa dihindari. Nah, umumnya orang menggunakan obat merah atau betadine untuk menyembuhkan luka. Tapi tahukah kamu, bahwa daun Miana pun juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka. Cara pemakainya, hanya perlu menumbuk daun tersebut dengan air, lalu menempelkannya pada bagian kulit yang terluka. Zat-zat yang ada dalam daun Minana dapat mempercepat proses pengeringan luka.

2. Mengatasi Pada Demam

Demam dapat menyerang kita kapan saja, terutama saat tubuh berada dalam kondisi lemah dan sistem imun menurun. Meski bukan penyakit yang serius, namun kondisi demam membuat penderitanya menjadi tidak nyaman. Kepala pusing, tubuh menggigil, nafsu makan pun berkurang. Nah, untuk mengatasi demam ini Kamu bisa memanfaatkan daun Miana.

Tanaman yang memiliki daun berwarna-warni ini (ada yang merah, ungu dan hijau) dipercaya dapat meredakan demam dalam tempo waktu yang cepat. Untuk metode peramuannya, Kamu harus merebus beberapa helai daun nya terlebih dahulu. Kemudian saring dan konsumsi sarinya secara teratur hingga suhu tubuh menurun.

3. Dapat  Mengatasi Batuk

Siapa sih yang tidak pernah merasakan batuk? Batuk ini merupakan penyakit yang mudah sekali menular. Penyebabnya sih banyak sekali, bisa dikarenakan adanya infeksi di saluran pernafasan dan bisa pula sebagai tanda adanya penyakit tertentu (seperti TBC, bronkitis, dan sebagainya).

Jika tidak ingin menggunakan obat-obatan medis, Kamu bisa memanfaatkan daun Miana sebagai obat untuk mengatasi gangguan batuk. Cara penyajiannya sama poin atas, yakni dengan cara meminum air rebusan daun nya. Bila Kamu rutin mengonsumsi nya, perlahan batuk pasti mereda.

4. Mengatasi Ambeien

Seseorang yang sering duduk di depan laptop dan jarang ber olahraga, biasanya lebih rentan terserang penyakit ambeien. Penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya benjolan di dubur dan keluarnya darah pada saat BAB. Jika tidak segera diatasi, benjolan akan semakin membesar dan mengharuskan penderitanya untuk melakukan tindakan operasi.

Untuk mengatasi ambeyen ini, Kamu bisa mencoba daun Miana. Untuk sistem pengobatannya yakni dengan meminum air rebusan daun Miana yang ditambahkan sedikit kunyit. Konsumsi secara rutin hingga gangguan ambeien sembuh.

5. Mengatasi Konstipasi

Selain membantu mengatasi ambeien, air rebusan daun Miana juga dipercaya mampu menangani gangguan wasir atau konstipasi. Walaupun tidak menimbulkan rasa sakit berlebihan, tetapi gangguan konstipasi ini cukup berbahaya loh! Pasalnya, kotoran jadi sulit dikeluarkan. Hal ini bisa memicu terjadinya penyakit pada usus besar. Maka itu, serambi mengobati nya secara tradisional dengan daun Miana, usahakan juga untuk rutin mengkonsumsi makanan berserat agar BAB dapat lancar kembali.

6. Mengatasi Diabetes

Di jaman serba instan saat ini, agaknya penyakit diabetes haruslah Kita waspadai. Penyakit yang dulunya rentan menyerang kaum manula tersebut, kini tak lagi memandang bulu. Banyak orang berusia muda yang mengidap diabetes dikarenakan gaya hidup buruk. Namun apabila penyakit ini sudah terlanjur “menghinggapi” tubuh, Kita harus bergegas menanganinya. Salah satu yang bisa dilakukan adalah melakukan pengobatan dengan daun Miana. Cukup dengan mengonsumsi air rebusan daun Miana, kadar gula darah akan turun secara perlahan.

7. Mengatasi Tifus

Apakah Kamu pernah menderita demam tifoid? Penyakit demam yang lebih umum dikenal sebagai “tifus” ini biasanya menyerang mereka yang tak sengaja mengonsumsi makanan kotor mengandung bakteri salmonella. Nah, untuk membantu menyembuhkan tifus, cobalah pengobatan tradisional dengan daun Miana. Dengan mengkonsumsi rebusan daun tersebut, bakteri-bakteri jahat yang ada dalam usus akan disingkirkan sehingga tubuh menjadi sehat kembali.

8. Mengatasi Sakit Perut

Source: Myriams-Fotos

Ada banyak faktor yang menyebabkan sakit perut. Umumnya sih, sakit perut dipicu oleh mikroba atau bakteri yang masuk ke dalam usus manusia. Apabila hal ini terjadi, maka penderitanya akan mengalami mules berkepanjangan dan tubuh cenderung terasa lemas. Nah, daun Miana ini bisa dimanfaatkan untuk obat alami sakit perut. Cara pengonsumsiannya yakni dengan meminum air rebusan daun tersebut. Jika Kamu sanggup meminumnya secara teratur (1 kali dalam sehari), maka rasa mules akan hilang.

9. Mengatasi Bisul

Source: Kjerstin_Michaela

Penyakit bisul tidak hanya membuat penderitanya jadi malu, tapi efek yang ditimbulkan pun juga cukup mengganggu. Biasanya bisul menyebabkan rasa gatal menggelitik dan kadang disertai nyeri. Nah, Kamu bisa menghilangkan bisul ini dengan mencoba daun Miana. Cara pakai nya cukup mudah, tinggal menempelkan daun Miana yang telah ditumbuk pada bagian bisul. Aplikasi kan secara teratur agar bisul cepat kering dan kempes.

10. Mengatasi Keterlambatan Haid

Source: Violaviola

Terkadang haid bisa datang tepat waktu, namun kadang juga terlambat bahkan sampai berminggu-minggu. Jika hal ini terjadi, biasanya tubuh tergantung pada pegal-pegal, capek, dan kepala pusing karena darah kotor yang tidak bisa keluar. Salah satu alternatif yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun Miana. Masyarakat mempercayai daun ini memiliki zat yang dapat melancarkan siklus haid. Cukup diminum sekali sehari lagi siklus pasti menjadi normal kembali.

Itulah beberapa manfaat daun Miana bagi Kesehatan. Oiya, saran saya sebelum Kamu mengonsumsi daun Miana untuk mengatasi penyakit-penyakit di atas, mintalah saran dan saran dari dokter terlebih dahulu agar dapat digunakan agar aman. Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *