Menu

Manfaat Jantung Pisang Untuk Ibu Hamil

Manfaat Jantung Pisang untuk Ibu Hamil

Siapa sih yang tidak mengenal jantung pisang? Bagi kebanyakan ibu, sayur ini kerap diolah menjadi sayur yang enak dan lezat. Apalagi ditambah dengan bumbu serta rempah maka semakin sempurnalah kenikmatan itu. Pertanyaanya, apakah jantung pisang untuk ibu hamil termasuk aman?

Ibu hamil memang cukup rentan dalam memilih makanan. Hal ini sangat berkaitan dengan kesehatan dari si kecil itu sendiri. Jika dalam keseharian hanya mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, ditakutkan perkembangan janin di dalamnya tidak sesuai. Bahkan, ada di beberapa kasus ibu hamil harus mengkonsumsi berbagai vitamin serta mineral serta makanan khusus lainnya.

Memang, makanan seperti ubi jalar, biji bijian serta salmon adalah makanan yang cukup banyak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang hamil. Bagaimana dengan jantung pisang? Nah, bagi para ibu hamil yang ingin menyantapnya ada baiknya mempelajari lebih lanjut apakah aman dikonsumsi atau tidak.

Bunga pisang atau biasa dikenal dengan sebutan jantung pisang adalah bagian dari buah pisang dengan warna merah tua layaknya anggur. Nyatanya, makanan ini bisa dikonsumsi oleh ibu hamil dan memberikan banyak manfaat.

Adalah kandungan Vitamin B6 yang membantu dalam hal pembuatan sel darah, kemudian terjadi pelepasan serotonin serta hormon yang membuat ibu hamil selalu merasa bahagia. Tak hanya itu, vitamin C juga terdapat pada jantung pisang yang berfungsi sebagai anti oksidan alami. Vitamin ini sangat penting untuk melindungi tubuh ibu hamil agar terhindar dari berbagai penyakit. Begitu juga dengan kandungan zat besinya yang bisa mencegah ibu hamil terkena anemia.

Jadi, mengkonsumsi jantung pisang untuk ibu hamil diperbolehkan selama memperhatikan beberapa hal. Seperti menjaga kebersihannya dan memastikan tidak ada bau busuk, kemudian memasaknya dengan benar dan tentu saja, jangan mengkonsumsinya secara berlebihan.

Apa saja manfaat jantung pisang untuk ibu hamil?

Yang pertama adalah mengurangi morning sickness dimana pada umumnya terjadi di pagi hari. Nah, dengan makan jantung pisang akan turut membantu ibu hamil agar tidak terganggu dengan kondisi ini. Kemudian, mampu meredakan kram dimana pada umumnya ibu hamil mengalami perubahan bentuk tubuh dan hormon jadi saat makan jantung pisang rasa ini bisa diatasi dengan baik.

Adalah kalium yang terdapat pada jantung pisang membantu terjadinya pelepasan hormon progesteron di dalam tubuh. Sehingga, aliran darah yang terlalu deras di sekitar rahim akan berkurang. Bagaimana dengan ASI? Jantung pisang juga dipercaya untuk menghasilkan ASI lebih banyak.

Satu lagi, jantung pisang untuk ibu hamil mampu mencegah anemia dimana biasanya kondisi ini terjadi karena kekurangan zat besi. Akan semakin memburuk jika ibu sedang hamil dan berpengaruh pada kondisi janin. Bagaimana, siap mengolahnya menjadi makanan lezat dan bergizi?

 

Baca  Juga Tentang Manfaat Jambu Air Manfaat Brokoli Untuk Bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *