Menu

Manfaat Jus Tomat dan Wortel untuk Kesehatan

Manfaat Jus Tomat dan Wortel untuk Kesehatan

 

Wortel serta tomat dapat dijadikan sebagai pilihan alternatif untuk asupan gizi tambahan yang dapat dikonsumsi secara rutin untuk membantu menjaga kesehatan tubuh manusia. Selain dapat dijadikan sebagai bahan baku untuk pembuatan sup, tomat dan wortel juga ternyata dapat dijadikan sebagai jus yang enak serta praktis untuk dikonsumsi sebagai minuman yang segar. Apalagi kedua jenis sayuran ini memiliki banyak sekali manfaat karena di dalamnya terkandung vitamin yang mampu membantu menjaga kesehatan.

Untuk wortel sendiri ia mengandung banyak provitamin A atau betakaroten yang mampu menjaga kesehatan pada mata, jantung, serta kulit. Sementara pada tomat terdapat kandungan vitamin E yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit serta vitamin C yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh serta dapat mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh.

 

Apabila kita mencampurkan tomat dan wortel dalam satu olahan seperti jus, maka kedua sayuran tersebut dapat memberikan dampak yang saling melengkapi satu sama lain sehingga dampak tersebut akan sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Wortel dan juga tomat sebenarnya memiliki persamaan dan perbedaan kandungan phytokimia yang dominan. Tomat tercatat memiliki alpha-tocopherol, vitamin C, serta lycophene yang sangat baik untuk mencegah kanker. Sedangkan wortel kaya akan serat, karotenoid, anthocyanin serta ada juga kombinasi yang unik dari tiga flavonoid di dalamnya.

 

Semua kandungan yang terdapat di dalam wortel dan tomat apabila dikonsumsi secara bersamaan mampu memberikan dampak positif bagi kesehatan karena semua kandungan tersebut akan saling melengkapi jika dikonsumsi. Karena mengkonsumsi sayur dan buah dengan mencampurkan beberapa jenis akan membantu untuk melengkapi nutrisi yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh serta dapat membantu menjaga kesehatan seluruh organ tubuh.

 

Dengan rajin mengkonsumsi jus tomat dan wortel pada pagi dan malam hari sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena kombinasi kedua sayuran tersebut akan menghasilkan zat antioksidan yang melimpah yang mampu membersihkan radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh manusia. Sehingga dengan mengkonsumsi jus ini kita tidak akan mudah sakit karena sistem imunitas dalam tubuh pun akan meningkat.

 

Pada umumnya olahan jus tomat dan wortel dibuat menggunakan blender untuk olahan sederhananya. Namun jika anda ingin mengambil sari tanpa adanya ampas dari kedua sayuran tersebut anda dapat menggunakan juicer atau pun juice extractor.

 

Untuk tubuh yang sehat, tidak ada batasan untuk konsumsi jus tomat dan wortel ini. Namun dianjurkan untuk meminum satu gelas hingga tiga gelas jus dalam satu hari. Anda harus memperhatikan terlebih dahulu bahwa meminum jus usahakan dikonsumsi 30-60 menit makan. Tujuannya agar mempercepat proses penyerapan nutrisi yang terdapat di dalam kandungan wortel dan tomat.

Manfaat Jambu Air Bagi Kesehatan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *