Menu

Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Manusia

Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Manusia

Rebung adalah salah satu sayuran yang aneh, kenapa aneh karena berasal dari bambu, mungkin anda pasti pernah mendengar Tangga Bambu atau taraje kalau dalam bahasa sunda, yang berasal dari bahan bamboo pada jaman dulu hingga sekarang, rebung ini biasanya di panen saat usia masih muda karena pada usia seperti ini lah baru bisa di konsumsi oleh manusia dan di jadikan sayuran alami, tapi ingat tidak semua rebung ini enak di makan ya ada beberapa rebung yang tidak bisa di konsumsi karena ada yang rasanya pahit dan gatal pada lidah.

Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Manusia

Rebung ini biasanya berasal dari bambu yang besar dengan kata lain bamboo surat, bias any ukuran nya bisa mencapai betis dewasa bahkan lebih, ternyata rebung ini banyak manfaat nya bagi kesehatan manusia diantara nya sebagai berikut :

 

1. Dapat Mengurangi Kolesterol

Rebung mengandung serat tinggi, yang memiliki peran penting dalam mengurangi kolesterol dalam darah. Konsumsi rebung dalam jumlah tepat, secara teratur, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh manusia.

 

2. Mencegah Penyakit Jantung

Rebung memiliki kandungan fitosterol dan fitonutrien. Menurut sebuah penelitian, kedua zat yang ditemukan pada rebung itu dapat menjaga fungsi jantung, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

 

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Rebung mengandung serat tinggi, tetapi rendah lemak dan kalori. Hal ini membuat rebung menjadi makanan yang sempurna untuk orang-orang yang mencoba menurunkan berat badan.

 

4. Melawan Kanker

Fitonutrien yang ditemukan pada rebung bisa menjadi antioksidan kuat, sehingga mampu mencegah dampak buruk radikal bebas pada tubuh. Hal ini dapat menurunkan risiko stres oksidatif, yang dapat menyebabkan kerusakan DNA dan kanker. Lebih jauh, rebung bambu juga mengandung sejumlah klorofil yang dituding dapat mencegah mutasi sel.

 

5. Memperlancar Buang Air Besar

Serat dalam rebung berfungsi untuk menambah berat tinja dan melembutkannya. Ini membantu tinja melewati usus besar lebih mudah, sehingga proses buang air besar menjadi lebih lancar.

 

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Rebung bambu mengandung vitamin E. Vitamin ini adalah antioksidan yang bisa mencegah kerusakan pada tubuh terutama kulit akibat paparan radikal bebas.

 

7. Menurunkan Risiko Stroke

Senyawa kalium pada rebung dipercaya dapat membantu mengontrol tekanan darah, yang pada akhirnya turut menurunkan risiko stroke.

 

8. Kesehatan Tulang

Rebung mangandung kalsium yang penting untuk menjaga tulang dan mencegah osteoporosis. Bahkan walaupun mengkonsumsi rebung dalam jumlah sedikit, dapat menambah asupan kalsium bagi tubuh.

 

9. Melawan Infeksi Jamur

Rebung tidak hanya mengandung sifat anti-inflamasi tetapi juga mengandung anti-jamur yang efektif untuk menyembuhkan penyakit atau masalah kulit yang disebabkan oleh jamur.

 

Jika ingin mendapatkan manfaat sehat di atas, pastikan anda menjadikan rebung sebagai konsumsi sehari-hari.

Tetap ingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *