Menu

Mengenal Manfaat Ketan Putih Bagi Kesehatan

Mengenal Manfaat Ketan Putih Bagi Kesehatan

 

Seperti diketahui, ketan putih merupakan salah satu bahan pangan yang memiliki segudang manfaat.  Manfaat ketan putih dipercaya dapat menambah energi dalam jumlah yang cukup besar. Ketan putih memang tak jarang dijadikan makanan pokok, khususnya di wilayah Asia Tenggara. Beras ketan putih bisa diolah menggunakan berbagai cara, misalnya dengan cara direbus ataupun dikukus. Ketan putih memang memiliki tekstur yang berbeda dengan beras atau padi, ketan pada umumnya memiliki tekstur yang lengket setelah diolah atau dipasak.

 

Mengkonsumsi ketan putih pada nyatanya bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti meningkatkan asupan mineral dan vitamin di dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan terdapat banyak kandungan nutrisi yang terdapat dalam ketan putih. Dalam 200 gram ketan putih diketahui mengandung 169 kalori atau jika di presentasikan sekitar 8% dari total keseluruhan asupan kalori harian yang direkomendasikan. Kalori yang terdapat dalam ketan putih berasal dari karbohidrat, mengingat setiap satu cangkir ketan putih mengandung setidaknya 88% karbohidrat atau sekitar 37 gram. Tak hanya itu, ketan putih juga mengandung lemak rendah. Dalam satu cangkir beras ketan, hanya terdapat 0.33 gram lemak.

 

Tak hanya mengandung kalori dan lemak rendah, manfaat ketan putih ini juga dipercaya mengandung 3.5 gram protein dalam setiap cangkirnya. Seperti yang kita ketahui, protein merupakan nutrisi yang terbilang penting yang terlibat dalam berbagai unsur di dalam tubuh. Seperti otot, kulit, dan jaringan tubuh lainnya. Nutrisi lain yang tak kalah penting dari ketan putih ialah vitamin. Tak banyak orang tahu kalau sejatinya ketan putih juga memiliki vitamin yang sangat berguna bagi tubuh seperti vitamin B-6. Vitamin ini berguna untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh, membantu sel untuk menghasilkan energi dalam tubuh, serta membantu sistem hormon untuk menyeimbangkan produksi hormon dalam tubuh.

 

Manfaat ketan putih antara lain ialah dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Ketan putih yang mengandung serat beras ketan. Serat ini lah yang berguna untuk dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung. Ketan putih juga memiliki manfaat untuk menangkal radikal  bebas. Kandungan selenium yang terdapat dalam ketan merupakan mineral yang sangat penting yang diperlukan oleh tubuh yang banyak terkandung dalam beras ketan. Zat ini bertindak sebagai anti-oksidan di dalam tubuh guna melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

 

Kandungan selenium dalam beras ketan juga berfungsi untuk kelenjar tiroid. Senyawa ini bekerja dengan cara mengatur aktivitas hormon tiroid dengan membantu pembuluh darah sehingga dapat berfungsi dengan baik. Terdapat 9.7 mg selenium dalam setiap cangkir ketan putih, atau jika dipresentasikan sekitar 18% dari jumlah rekomendasi asupan harian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *