Menu

Menu Gizi Seimbang Pada Ibu Hamil

Menu Gizi Seimbang Pada Ibu Hamil

Masa hamil adalah masa yang penting untuk pertumbuhan optimal janin dan persiapan persalinan. Penambahan zat-zat gizi bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil, pertumbuhan janin, saat persalinan persiapan pemeliharaan dan pertumbuhan bayi, tidak banyak perbedaan menu sebelum dan setelah hamil. Jadi, tidak ada masalah yang berarti dalam pengaturan menu makanan selama hamil. Manfaat Gizi seimbang untuk ibu hamil yaitu untuk memenuhi kebutuhan zat gizi ibu dan janin, mencapai status gizi ibu hamil dalam kondisi normal, sehingga meningkatkan angka dengan baik dan aman, membentuk jaringan untuk menumbuhkan kembang janin dan kesehatan ibu, memperbaiki permasalahan energi yang cukup untuk keperluan setelah lahir bayi.

Prinsip Diet Pada Ibu Hamil Dengan Komplikasi

Makanan merupakan salah satu kunci utama untuk mendapatkan kehamilan yang sehat. Dengan mengkonsumsi makanan sehat, tetapi juga akan membantu perkembangan yang sehat untuk bayi dalam persediaan nya. Perkembangan bayi tergantung pada apa yang ibu berikan dan lakukan untuk bayinya. Makanan yang sehat dan seimbang mengandung kualitas makanan yang memenuhi semua zat yang dibutuhkan, (karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral dan udara) dalam jumlah kalori yang sesuai dengan kebutuhan ibu selama hamil. Sebelum menentukan pola makan ibu hamil perlu dibahas terlebih dahulu tentang kebutuhan ibu, serta kebutuhan-kebutuhan ibu maupun janin dalam kandungan.Mengingat penting gizi selama kehamilan ibu perlu memasukan gizi seimbang seperti kalori, protein, serat, kalsium,

Prinsip Diet Pada Hiperemesis

Emesis gravidarum adalah yang pantas atau sering didapat pada kehamilan trimster pertama. Biasanya terjadi pada pagi hari, tetapi ada yang timbul setiap saat dan pada malam hari hari pertama. 6 minggu setelah hari pertama haid terakhir dan langsung kurang dari 10 minggu. Mual dan muntah saat hamil muda sering disebut morning sickness,  tetapi kenyataannya, mual muntah ini dapat terjadi setiap saat. Menurut berat bertentangan nya, hiperemesis gravidarum dibagi menjadi dalam tiga tingkat yaitu:

  1. Muntah terus-menerus yang memengaruhi keadaan umum
  2. Ibu hamil lebih suka lemas dan apatis, turgor kulit lebih menurun, lidah kering dan tampak kotor, nadi kecil dan cepat, tekanan darah naik, kadang-kadang naik mata cekung dan sedikit ikterus, berat badan naik, homokosentrasi, oligouria, dan juga konstipasi )
  3. Lebih lanjut, parah berhenti, kesadaran menurun dari somnolen sampai koma, kecil dan cepat, tekanan darah meningkat serta suhu tubuh meningkat.

Hiperemesis gravidarum  tidak hanya dapat mengubah kehidupan klien, tetapi juga dapat mengubah efek pada janin seperti abortus, berat badan lahir rendah, kelahiran prematur dan malformasi pada bayi lahir. Selain tempat tidur fisikologis pada kehidupan klien dan janinnya,  hiperemesis gravidarum  juga menyediakan fisik, sosial, spritual dan pekerjaan. Tantangan psikologis dan amarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *