Menu

Menu Makanan Ibu Hamil Trimester 1,2,3

Menu Makanan Ibu Hamil Trimester 1,2,3

Kebutuhan Nutrisi saat merencanakan masa depan merupakan hal yang sangat penting bagi calon ibu. Kebutuhan nutrisi ibu hamil yang terpenuhi akan meningkatkan kecerdasan si jabang bayi dalam kandungan. Nutrisi dan menu makanan setiap trimester kehamilan berbeda.

Menu Makanan Ibu Hamil Trimester 1,2,3

Trimester Pertama 

  • Trimester Pertama Kehamilan. Untuk Menjaga asupan gizi yang baik ibu hamil di makanan agar dengan porsi lebih banyak dari makanan cuku sering makan / atau juga makan cemilan yang bergizi. Selama periode trimester pertama pilih makanan yang kering dan juga tidak berkuah. Jika ibu memiliki pertanyaan tentang makanan yang harus dihindari. Saat ini, para ibu dapat langsung mengonsumsi makanan segar yang mengandung asam folat tinggi dan tinggi pada kehamilan ini membutuhkan asam folat untuk membantu proses perkembangan wanita. Jenis makan yang enak dikonsumsi oleh ibu hamil di trimester 1 pembayaran. Minyak zaitun, susu kambing, kurma, kismis, buah timah, buah delima, dan kacang.Kacang adalah makanan yang mengandung mineral seperti magnesium, selenimum, kalsium,

Trimester Kedua

  • Trimester Kedua Kehamilan. Pada Trimester kedua, nafsu makan ibu hamil akan mulai membaik, di hamil tua 4 hingga 6 bulan, ibu hamil bisa makan 3 kali dalam satu hari dengan satu kali makan selingan. Pilih bahan makanan yang mengandung protein hewani, seperti ikan daging dan telur. Agar hamil di trimester kedua dapat dilakukan dengan baik di menu yang dibutuhkan makanan yang tepat berikut ini yang pantas untuk ibu hamil di trimester 2:
  • Makanan yang mengandung Protein. Pada usia kehamilan trimester kedua perkembangan janin akan berjalan dengan cepat dan janin sudah bisa bergerak. Untuk proses pertumbuhan ibu hamil perlu mendapatkan asupan protein yang cukup, makanan yang mengandung protein yang sangat tinggi anjurkan pada ibu hamil trimester 2, baik protein, hewani, baik protein nabati, makan yang bersumber dari hewani dapat ditemukan pada daging, telur, susu, keju, makanan laut, dan yoghurt. Sementara itu, sumber makanan berprotein tinggi dari tanaman dapat diperoleh dari sayuran seperti brokoli, buncis, gandum, dan kacang-kacangan, seperti kacang polong, kacang almond, kacang tanah dan kacang kedelai.Dan penting juga harus memperhatikan kandungan lemak dari makanan berprotein tinggi yang dikonsumsi.
  • Makanan yang mengandung Zat Besi. Asupan Zat untuk ibu hamil perlu anemia. Sangat mudah menyebabkan lemas, lelah, letih dan pingsan. Makanan yang mengandung Zat Besi mengandung, daging merah, kuning telur, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, saat mengkonsumsi makanan yang kaya zat dapat dibarengi dengan makanan yang mengandung banyak vitamin C karna bermanfaat membantu zat besi dalam tubuh.

Kehamilan Trimester Ketiga.

  • Trimester Ketiga Pada usia ini, ibu hamil tidak perlu mual dan melempar ada beberapa yang harus di antisipasi, yaitu kaki bengkak, sembelit dan kelebihan berat badan. menu makanan yang tepat pada ibu hamil trimester 3 sebagai berikut:
  1. Makan yang Bergizi. Konsumsi bahan makan yang mengandung nutrisi, seperti asam lemak omega-3 kalsium, zat besi, seng dan vitamin.
  2. Hindari Makanan yang terlalu asin. Beberapa contoh makanan yang mengandung garam tinggi, sereal, minuman kemasan rasa, sayuran atau buah kaleng, bumbu masak instan, produk susu, seafood  dan mie instan.
  3. Makanan Berserat. Konsumsi Makanan yang megandung serat, karena makan yang kaya serat akan membantu ibu mengurangi sembelit. makanan yang mengandung serat diantranya buah-buahan, kacang-kacangan, sayur-sayuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *