Menu

Menu Seimbang Untuk Ibu Menyusui

Menu Seimbang Untuk Ibu Menyusui

Menyusui merupakan cara alamiah manusia dan mahluk mamalia untuk menyediakan makanan dan minuman bagi kaumnya pada awal kehidupannya. Pada masa menyusui kebutuhan gizi ibu perlu diperhatikan ibu tidak hanya perlu mencukupi kebutuhan gizi ibu perlu hanya mencukupi kebutuhan ibu saja. Sebenernya kualitas ASI ibu hamil tetap sama besar tidak bergantung pada apa yang ibu makan ibu hamil tidak memperoleh kebutuhan nutrisi dari makanan lantas tubuh akan mengambil nutrisi tersebut dari simpanan alami tubuh. Walau pun begitu demi kesehatan ibu hamil juga selalu membutuhkan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi ter cukupi dengan mengkonsumsi makanan bergizi.

Kebutuhan makanan ibu berbeda tentu saja dengan wanita yang tidak menyusui Menu kontribusi sehat yang bisa menjadi pilihan ibu menyusui dan perlu dikonsumsi dengan bahasa lain:

  • Daging Sapi tanpa Lemak. Ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan kaya zat, misalnya daging tanpa lemak untuk meningkatkan energi. Menu daging sapi tanpa lemak merupakan protein tambahan dan vitamin B12 yang sangat baik.
  • Ikan Salmon. Ikan Salmon sarat dengan jenis lemak baik yang disebut DHA yang sangat berguna untuk perkembangan sistem saraf bayi. Dalam ASI memang sudah mengandung DHA, tetapi tingkat nutrisi penting bagi tubuh ini lebih tinggi pada ASI wanita yang mendapatkan DHA tambahan dari konsumsi makanan.
  • Susu Rendah dan lemak. Produk susu dan olahan lain seperti yoghurt, susu, atau keju merupakan bagian penting dari menerima. Tidak hanya kaya protein, vitamin B dan vitamin D, produk susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik. Sertakan konsumsi susu setiap hari sebagai pelengkap dari menu makanan.
  • Roti Gandum. Asupan asam folat sangat penting bagi perkembangan bayi pada masa awal kehamilan. Di samping itu, kandungan asam folat masih akan sangat berguna bagi bayi yang sudah dilahirkan, salah satu sumber asam folat terbaik yaitu roti gandum yang turut menyumbang kebutuhan serat dan zat besi.

Menyusui cara memberikan makanan yang diberikan oleh ibu kepada proses belajar bayi menerima air susu dengan efisiensi dan ibu belajar cara merawat bayi dengan senyaman mungkin. Berhasil tidak dapat diberikan ASI ibu dapat disetujui dengan mengamati pertumbuhan bayi, pertumbuhan dapat dilakukan melalui penimbangan bayi yang selesai yang dihasilkan di catat melalui Kartu Menuju Sehat (KSM). Untuk para ibu yang mengurangi produksi ASI, tetap bisa diperlukan maka harus makan lebih banyak dari biasanya. Selain energi maka tambahan protein dan kalsium dibutuhkan oleh ibu untuk menambah produksi ASI.

BACA JUGA Kebutuhan Gizi Ibu Menyusui  , Gizi Seimbang Bagi ibu Menyususi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *