Menu

Pengertian Tuberculosis ( TBC )

Pengertian Tuberculosis ( TBC )

Tuberculosis (TB) adalah penyakit infeksius yang terutama menyerang parenkim paru.Tuberculosis dapat juga ditularkan ke bagian tubuh lainnya, terutama meningens, ginjal, tulang,dan nodus limfe (Suddarth, 2003). Tuberculosis (TB) adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis dengan gejala yang bervariasi, akibat kuman mycobacterium tuberkulosis sistemik sehingga dapat mengenai semua organ tubuh dengan lokasi terbanyak di paru paru yang biasanya merupakan lokasi infeksi primer (Mansjoer, 2000). Tuberkulosis paru adalah penyakit infeksi yang menyerang pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri yaitu mycobacterium tuberculosis, (Smeltzer, 2002). dapat menyimpulkan bahwa, TB Paru adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh kuman mycobakterium tuberculosis yang menyerang saluran pernafasan terutama parenkim paru.Klasifikasi tuberculosis di Indonesia yang banyak dipakai berdasarkan kelainan klinis, radiologist dan mikrobiologis :
 Tuberkulosis paru
Bekas tuberkulsis paru
Tuberkulosis paru tersangka.Tuberkulosis tersangka yang terbagi dalam :
TB paru tersangka yang diobati (sputum BTA negatif, tapi tanda-tanda lain positif)
TB paru tersangka yang tidak diobati (sputum BTA negatif dan tanda-tanda lainmeragukan) (Suyono, 2001)

Etiologi
Tuberkulosis disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis, sejenis bakteri yang berbentuk batang dengan ukuran panjang 1– 4 µm dan tebal 0,3– 0,6 µm dan digolongkan dalam basil tahan asam (BTA). (Suyono, 2001)Bakteri ini pertama kali dideskripsikan pada tanggal 24 maret 1882 oleh Robert Koch.Bakteri ini bersifat aerob yang berbentuk batang, namun tidak berbentuk spora. Kuman ini bersifat khusus yaitu tahan terhadap asam pada pewarnaan Ziehl neelsen, oleh karena itu disebut pula sebagai Basil Tahan Asam ( BTA). Dan dalam jaringan kuman ini dapat dormant ( tidurlama beberapa tahun).Sifat sifat mycobacterium Tuberculosis:
Tidak tahan panas, dan mati pada suhu 60 selama 15-20 menit.
Biakan akan dapat mati bila kena sinar matahari langsung selama 2 jam.
Dalam dahak bakteri ini dapat bertahan selama 20-30 jam

Basil dalam percikan bahan dapat bertahan hidup 8-10 hari.
 Dalam suhu kamar biakan basil ini dapat bertahan hidup selama 6-8 bulan dandapat disimpan dalam lemari dengan suhu 200C selama 2 tahun.
Baksil ini dapat dihancurkan oleh jodium tinetur dalam waktu 5 menit, sementaradengan alcohol 80% akan hancur dalam 2-10 menit kemudian. Factor factor penyebab terjangkitnya penyakit TBC adalah kondisi social ekonomi, status gizi,umur, jenis kelamin menjadi factor penting dari penyebab berjangkitnya penyakitTBC ini

Patofisiologi

Individu rentan yang menghirup basil tuberculosis dan terinfeksi. Bakteri dipindahkanmelalui jalan nafas ke alveoli untuk memperbanyak diri, basil juga dipindahkan melalui systemlimfe dan pembuluh darah ke area paru lain dan bagian tubuh lainnya.Sistem imun tubuh berespon dengan melakukan reaksi inflamasi. Fagosit menelan banyak bakteri, limfosit specific tuberculosis melisis basil dan jaringan normal, sehinggamengakibatkan penumpukkan eksudat dalam alveoli dan menyebabkan bronkopnemonia. Massa jaringan paru/granuloma (gumpalan basil yang masih hidup dan yang sudah mati) dikelilingimakrofag membentuk dinding protektif.Granuloma diubah menjadi massa jaringan fibrosa, yang bagian sentralnya disebutkomplek
Ghon. Bahan (bakteri dan makrofag) menjadi nekrotik, membentuk massa seperti keju.Massa ini dapat mengalami klasifikasi, membentuk skar kolagenosa. Bakteri menjadi dorman,tanpa perkembangan penyakit aktif.Individu dapat mengalami penyakit aktif karena gangguan atau respon inadekuat sistemimun, maupun karena infeksi ulang dan aktivasi bakteri dorman. Dalam kasus ini tuberkel ghonmemecah, melepaskan bahan seperti keju ke bronki. Bakteri kemudian menyebar di udara,mengakibatkan penyebaran lebih lanjut. Paru yang terinfeksi menjadi lebih membengkakmengakibatkan bronkopnemonia lebih lanjut (Smeltzer, 2001)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *