Menu

Pentingkah Gurita Ibu Melahirkan

Pentingkah Gurita Ibu Melahirkan

 

Setelah proses melahirkan terlewati dengan baik, maka selanjutnya bagi ibu adalah merawat tubuh agar kembali ke bentuk semula. Tidak sedikit loh terutama dari kalangan ibu muda yang rela melakukan apa saja untuk mengembalikan tubuh bak dulu kala. Dan biasanya, alat yang digunakan pada umumnya adalah gurita atau stagen. Bahkan, sejak dulu kala alat ini banyak digunakan oleh ibu hamil maupun mereka yang sudah melahirkan.

 

Tentu saja, tujuannya agar perut kembali kencang dan terlihat langsing. Pertanyaannya, apakah cara ini terbilang efektif dan dibenarkan secara medis?

 

Pada dasarnya, secara medis penggunaan stagen tidaklah dianjurkan terutama bagi ibu yang habis melahirkan. Mengapa? Alat ini tidak memberi hasil yang positif dalam mengencangkan atau mengecilkan perut karena tekstur dari stagen ini bersifat pasif.

 

Memang, pada saat memakainya maka perut akan terasa kencang namun setelah melepasnya, tentu saja kulit perut menjadi kendur seperti semula. Sebaliknya, beda dengan gurita dimana alat ini juga banyak dipakai oleh ibu yang sudah melahirkan baik normal maupun Caesar. Mengapa hal ini bisa terjadi?

 

Karena gurita ibu melahirkan tidak sama dengan stagen dalam artian tidak mengikat terlalu kencang. Bahkan, banyak medis yang menganjurkan untuk menggunakan gurita dikarenakan teksturnya yang bisa diatur sedemikian rupa.

 

Oh ya, jangan lupa pilihlah gurita ibu melahirkan yang menggunakan bahan lembut dan mudah menyerap keringat. Apalagi, bagi ibu yang melahirkan secara Caesar dimana hasil jahitan belum terlalu kering dan masih dalam keadaan basah. Sehingga, sangat rentan untuk bakteri bisa masuk jika tidak dijaga kebersihannya termasuk gurita yang dipakai.

 

Saat ini, dipasaran cukup banyak gurita ibu melahirkan yang dijual dengan ukuran, warna serta harga yang berbeda. Pastikan, saat memilih Anda harus tahu beda diantara model yang ditawarkan. Karena bisa saja gurita untuk ibu yang melahirkan normal akan berbeda dengan gurita ibu melahirkan secara Caesar.

 

Carilah bahan yang tidak hanya mudah menyerap keringat akan tetapi juga mudah dicuci dan tidak mudah melar. Mengapa? Itu tadi, dalam rangka menjaga kebersihan kulit maka mau tak mau gurita harus dicuci dengan bersih. Artinya, tali atau perekat yang digunakan tidak mudah melar meski dicuci berkali kali.

 

Satu lagi, jangan lupa untuk melakukan olahraga secara teratur setelah melahirkan baik itu normal maupun Caesar. Karena, selama dalam proses kehamilan otot otot terutama di bagian perut dan pinggang akan kendur mengikuti perkembangan tubuh. Nah, dengan senam kegel atau senam yang bisa memperkuat otot maka semuanya bisa beralih normal. Tapi, jangan paksakan untuk melakukan olahraga yang cukup berat karena bisa beresiko bagi kesehatan terutama di bagian perut. Berjalan santai di pagi atau sore hari bisa menjadi alternative terbaik.

Baca Juga Dasar Dasar Pemberian Nama Anak  Doa agar Cepat Melahirkan Normal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *