Menu

Penyebab Pusing Gelap Secara Tiba-Tiba Saat Berdiri Dan Duduk

Penyebab Pusing Gelap Tiba-Tiba Saat Berdiri Dan Duduk

Mungkin dari kita ada sebagian besar orang yang mengeluarkan pusing dan juga tiba tiba-tiba

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda merasakan pusing tiba tiba tiba tiba setelah bangun dari duduk atau tidur? Jika ya, itu masalah besar kamu perlukan penyakit hipotensi ortostatik, seperti yang diungkapkan oleh dr Astrid Wulan Kusumoastuti dari Klikdokter.com.

Hipotensi ortostatik adalah kondisi di saat darah tiba tiba-tiba turun ke dalam bagian tubuh yang paling bawah (kaki)

Menurut penjelasan oleh dr Astrid, individu yang sehat itu bisa menyesuaikan pada kondisi dari berbaring dan duduk kemudian berdiri dalam beberapa saat. Namun, jika membuat masalah itu lebih lama daripada membuat orang ini menyebabkan pingsan dan sesaat dapat membuat hal itu merupakan tanda-tanda adanya masalah yang lebih serius.

Penyebab hipotensi ortostatik karena kekurangan cairan atau dehidrasi, kurang berolahraga, atau anemia. Sementara itu penyebab lainnya adalah penyakit diabetes, gagal jantung, serta gangguan saraf lainnya.

Jika Anda sering merasakan pusing atau lemas, bisa saja Anda menyembuhkan penyakit anemia dan perlu pemeriksaan laboratorium untuk bisa menilai kadar hemoglobin Anda. “Untuk dapat mengurangi gejala-gejala tersebut, alangkah-langkah jangan duduk atau tiba-tiba setelah tiba,” dr Astrid meminta. Bangunlah secara bertahap dan bertahap agar tidak berhasil mendorong, minumlah minimal 8 gelas per hari, dan dibarengi olahraga teratur 3-4 kali selama kurang lebih minimal 30 menit, dan konsumsi makan-makanan kaya zat besi.

Solusi Mengatasi Pusing Saat Berdiri

Agar pusing setelah berdiri mendadak tidak dibuka aktivitas kamu, ikuti saran dr. Ellen Theodora juga dari KlikDokter sebagai berikut.

  • Periksalah tekanan darah secara berkala, bandingkan saat berbaring dengan baik, dan juga saat kamu perbaiki tersebut.
  • Hentikanlah konsumsi obat-obatan yang bisa menurunkan tekanan darah. Konsultasi kan lah hal ini dengan dokter yang biasa kamu periksa sebelumnya.
  • Kamu harus mengonsumsi garam sekitar 10 gr / hari secara hati-hati. Berlebihan
  • Kemiringan kepala saat tidur sekitar kurang lebih 15-20 derajat atau (4-6 inci). Jangan tidur di tempat tidur.
  • Hindari saat perubahan posisi menjadi mendadak, prioritas saat setelah makan.
  • Hindari panas atau suhu udara panas.

Jika setelah melakukan hal-hal di atas, lakukanlah setelah dilakukan masih sering terjadi, Sebaiknya Anda dapat melakukan pemeriksaan pada tekanan darah dan profil darah. Selain itu konsultasi mengenai kondisi tersebut pada dokter, terapkan pula gaya hidup sehat seperti konsumsi makanan bergizi, olahraga rutin, serta mencukupi waktu tidur.

Semoga Bermanfaat ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *