Menu

Perawatan Prakonsepsi

Perawatan Prakonsepsi

Dalam kata lain prakonsepsi yang terdiri dari dua kata yaitu ‘pra’ dan ‘konsepsi’ pra berarti sebelum dan konsep berarti pertemuan sel dan gen sperma memungkinkan pembuahan. Dari dua kata tadi, kata sebelumnya berarti sebelum terjadi pertemuan sel sperma dengan ovum atau pembuahan atau sebelum hamil. Periode prakonsep rentan waktu tiba selama satu tahun sebelum konsepsi, tetapi idealnya harus mencakup waktu ovum dan seperma matang, yaitu sekitar 100 hari sebelum konsepsi. Pemeriksaan kesehatan selama masa prakonsepsi merupakan hal yang penting yang tidak boleh dilakukan, ada pemeriksaan kesehatan yang dapat dilakukan selama ibu hamil dan bersalin, serta kesehatan janin.

Konsep Procenception Care

Perawatan prakonsepsi adalah bantuan kesehatan yang terdiri dari biomedis, perilaku dan sosial untuk wanita dan pasangan sebelum menikah yang bertujuan untuk peningkatan status kan mereka kesehatan mereka dan mengurangi perilaku atau faktor individu dan lelevasi yang dapat membantu kesehatan ibu dan anak yang buruk. Perawatan umum   dibagi menjadi dua periode yaitu periode proksimal dan periode distral. Periode  proksimal berarti kita melakukan investasi pada periode selanjutnya sebelum disetujui sampai maksimal 2 tahun sebelum konsepsi. Sementara itu periode distral merupakan investasi yang kita lakukan selama masa remaja atau masa-masa umum lebih lama sebelum masa kehamilan.Dalam literalut WHO pada tahun 2003 merupakan perawatan prakonsepsi terdiri dari 13 hal yang perlu disiapkan pada masa prkonsepsi agar setiap wanita dapat memperoleh penghargaan yang sehat dan menghasilkan bayi yang sehat pula. Tiga belas (13) hal yang perlu disiapkan yaitu Nutrisi, penggunaan tembakau, Keadaan Genetik, Kesehatan Lingkungan, Fertilitas atau infertilitas, perjuangan antarpribadi, kemenangan terlalu dini atau tidak di inginkan dan terlalu dekat jaraknya, PMS, HIV, AIDS kesehatan mental, penggunaan zat pesikoaktif, vaksinasi dan Female Genital Mutation (FGM).

Dalam beberapa literatur, beberapa faktor risiko pada ibu berawal pada masa kanak-kanak yang masa remaja. Remaja yang kekurangan gizi dan ibu dengan badan yang lebih tinggi menghasilkan risiko untuk intervensi obsterik berupa faktor yang berkontribusi dalam peningkatan angka kematian ibu dan anak. Oleh karena itu perlu di lakukan intervensi  Prasangka pada masa remaja dan dipindahkan sepanjang umur perempuan.

Diperoleh dari Manfaat atau Manfaat yang Diperoleh dari  Perawatan prakonsepsi adalah:

  1. Meningkatkan Kesehatan Ibu
  2. Mengurangi Terjadi terlalu dini yang terlalu dekat jaraknya, Kehamilan yang tidak di rencanakan dan aborsi.
  3. Mengurangi kematian dan kecacatan ibu dan bay, menurunkan kelahiran bayi dengan kondisi sehat.
  4. Memperbaiki nutrisi ibu hamil seperti penanggulangan kegemukan dan masalah yang berkaitan, kekurangan nutrisi, dan defisiesnsi mikronutrien.
  5. Meningkatkan kesuburan.
  6. Meningkatkan Kesadaran Penting dan Perhatian yang Lebih Besar pada Kesehatan Pria.
  7. Kesempatan untuk meningkatkan kesehatan mental melalui konseling dan dukungan kelompok komunitas.
  8. Meningkatkan kesehatan pada fase selanjutnya melalui deteksi dan perawatan pada kondisi kronis.
  9. Manfaat pada berbagai generasi diantisipasi Manfaatnya dalam hal ekonomi untuk keluarga dan masyarakat serta Manfaat sosial seperti pemberdayaan wanita dan komunikasi yang lebih baik dengan pasangan dalam pengambilan keputusan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *