Menu

Perkembangan Janin 6 Bulan Dalam Kandungan

Perkembangan Janin 6 Bulan Dalam Kandungan

Tumbuh dan kembang si kecil dalam kandungan memang sangat menakjubkan setiap hari, minggu bahkan bulan. Terkadang, tanpa disadari pertumbuhannya mengalami hal hal baru yang tidak diketahui oleh ibu yang mengandungnya. Maka, tidak jarang para ibu hamil ini melakukan pemeriksaan medis setiap bulannya guna mengetahui perkembangan si kecil. Apakah sehat, sesuai dengan usia kehamilan dan lain sebagainya.

Perkembangan Janin 6 Bulan dalam kandungan.

 

Seperti bentuk atau kondisi janin 6 bulan dalam kandungan misalnya dimana dalam usia ini bentuk bayi nyaris sempurna. Hanya saja ukurannya lebih kecil dan masih terlihat kurus dikarenakan lemak yang tertimbun di dalamnya masih kecil.

 

Pada saat usia ini atau tepatnya usia 21 minggu berat si kecil sekitar 360 gram. Namun ibu tak perlu khawatir karena dari minggu ke minggu beratnya akan bertambah. Di usia 22 minggu beratnya akan menjadi sekitarĀ  430 gram, selanjutnya menjadi 500 gram di usianya 23 minggu. Dan terakhir, di usia 24 minggu rata rata 600 gram.

Oh ya, panjang badan bayi juga meningkat mulai dari 27 centimeter sampai 30 centimeter. Dan hal ini berlangsung dari usia 21 hingga 24 minggu.

 

Bentuk janin 6 bulan dalam kandungan biasanya sudah terbentuk kelopak dan alis mata. Bagi para bunda yang memeriksakan kehamilan dengan menggunakan alat canggih, biasanya sudah bisa melihat si kecil tampak berkedip. Bahkan, para orang tua juga bisa melihat jenis kelamin di usia kehamilan ini.

 

Bunda juga akan mengetahui kebiasaan aktif mereka serta waktu istirahat si kecil dalam rahim. Nah, situasi yang menyenangkan ini memang terasa menakjubkan bagi ibu yang baru pertama kali mengalaminya. Artinya, si kecil tumbuh aktif dan berkembang dengan baik.

 

Selain alis mata, panjang serta tinggi yang terus bertambah setiap minggu, perkembangan janin 6 bulan dalam kandungan juga terlihat dari kaki dimana posisinya sudah mulai terlihat lurus. Begitu juga dengan bibir sangat terlihat jelas. Organ pencernaan seperti pancreas sudah mulai berkembang dengan semestinya.

 

Bagaimana dengan pendengarannya? Bunda perlu tahu jika di usia ini si kecil sudah bisa mendengar suara jantung Anda. Makanya, saat bayi sudah lahir ia tidak akan merasa terganggu dengan suara berisik karena telinganya sudah terbiasa mendengarnya selama ia dalam kandungan.

 

Sebagai saran, ada baiknya bunda melakukan pemeriksaan medis secara rutin agar mengetahui perkembangan janin 6 bulan dalam kandungan. Apalagi, di usia trimester ini sangatlah penting dikarenakan kelahirannya sudah semakin dekat. Bunda juga akan mengetahui apakah kondisi bayi sehat dan sesuai dengan usia kehamilan atau tidak. Hal ini penting agar tindakan cepat bisa dilakukan sehingga ibu dan bayi bisa selamat.

 

Baca Juga Dasar Dasar Pemberian Nama Pada Anak Manfaat Jambu Air Pada Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *