Menu

Pertolongan Pada Orang Tenggelam

Pertolongan Pada Orang Tenggelam

Perlu di ketahui bahwa tenggelam adalah penyebab kematian ke empat akibat kecelakaan. Meski musibah ini seringkali menimpa anak-anak namun ada juga yang di alami oleh orang dewasa. Untuk itu berikut beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk memberikan pertolongan pertama pada korban tenggelam.

Berikut ini adalah beberapa cara yang mungkin dapat anda lakukan untuk menolong korban tenggelam, khusus korban yang sadar.

Pertolongan Pada Korban Sadar

  • Jika anda tidak bisa berenang dan melihat yang tenggelam segeralah cari bantuan orang lain atau misalkan cari batang kayu, tali, dan alat lain yang bisa membantu korban.
  • Jika sudah di tepian segera lakukan pemeriksaan fisik dengan terus memperhatikan ABC untuk memeriksa apakah ada cedera atau hal lain yang dapat mengancam keselamatan jiwa korban
  • Bawa korban ke pusat kesehatan terdekat guna mendapatkan pertolongan lebih lanjut
  • Jika tidak ada peralatan atau sesuatu yang bisa di gunakan untuk menarik korban, maka anda bisa segera terjun ke air untuk menghampiri korban. Tapi harus di ingat anda sebagai penolong harus memiliki kemampuan berenang yang baik.
  • Jika korban masih sadar dan bisa di tenangkan segera tarik evakuasi korban dengan cara melingkarkan salah satu tangan pada tubuh korban melewati kedua ketiak korban atau bisa juga dengan menarik baju korban. Akan tetapi perlu di ingat bahwa cara ini harus sangat hati-hati karena bisa membuat korban tercekik atau gangguan pernapasan .
  • Jika korban dalam keadaan tidak tenang dan terus berupaya menggapai penolong, maka segera lumpuhkan korban. Hal ini perlu dilakukan untuk mempermudah evakuasi.

Pertolongan Pada Korban Yang tidak Sadar

Seperti lah nya dalam memberikan pertolongan pertama untuk korban tenggelam dalam keadaan sadar, maka untuk korban tidak sadar penolong juga harus memiliki kemampuan dan keahlian untuk melakukan evakuasi korban dari dalam air agar, baik penolong maupun korban dapat selamat,. Dan adapun tindakan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Segera hampiri korban namun tetap perhatikan keadaan sekitar untuk menghindari hal yang tidak di inginkan. Lakukan evakuasi dengan melingkarkan tangan penolong di tubuh korban.
  • Untuk korban yang di jumpai dengan kondisi wajah berbeda di bawah permukaan air (telungkup), segera balikan badan korban dan tahan tubuh korban dengan salah satu tangan. Jika penolong telah terlatih dan bila melakukan pemeriksaan nadi dan napas saat menemukan korban, segera periksa napas da nadinya.
  • Ketika penolong dan korban telah sampai di tempat telah sampai di tempat yang aman segera lakukan penilaian dan pemeriksaan fisik yang selalu berpedoman ABC. Berikan respon kepada korban untuk menyadarkan nya.
  • Jika korban tidak memberikan respond an tidak bernapas segera buka jalan napas dengan cara lihat, Dengar, Rasakan, (LDR) selama 3-5 detik. Jika korban tidk bernapas segera berikan bantuan pernapasan kemudian periksa nadi karotisnya.
  • Jika tindakan di atas tidak berhasil segera lakukan RJP.

BACA JUGA : Pertolongan Pada Syok , Pertolongan Pertama Pada Orang Kesetrum

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *