Menu

Pertolongan Pertama Pada Tersendak

Pertolongan  Pada Tersedak

Tersedak merupakan hal yang bisa terjadi, setiap orang tentu pernah tersedak baik ketika sedang makan maupun sedang minum dengan terburu-buru. Biasanya, tersedak akan membuat kita batuk dan bahkan sulit bernapas.

Tersedak Berat Bisa Menyebabkan Kematian

Tersedak adalah suatu kondisi dimana tubuh mengalami gangguan karena terhalangnya jalur pernapasan bagian atas, hal ini disebabkan oleh adanya makanan atau minuman atau bahkan benda asing yang menghambat seseorang untuk bernapas sehingga membuat nya sesak napas. Dalam beberapa kasus tersedak tidak hanya dapat menyebabkan batuk-batuk, namun juga bisa menyebabkan kematian. Hal ini terjadi pada kasus dimana ketika saluran pernapasan tersebut terhalang cukup banyak.

Dari itu tersendak dapat di bedakan menjadi dua yaitu tersendak ringan dan tersendak berat. Pada tersendak ringan masih ada pertukaran udara dan penderita masih sadar dan dapat batuk sekeras-kerasnya. Sedangkan pada tersendak berat, penderita akan mengalami beberapa kondisi buruknya pertukaran udara, masih bisa batuk tapi lemah atau tidak dapat batuk sama sekali dan napas bertambah cepat. Selain itu penderita juga tidak akan bisa berbicara memegang leher, dan tidak dapat menarik napas dengan baik.

Pertolongan Pertama

Baik tersendak ringan atau berat sama-sama harus mendapatkan pertolongan yang baik agar tidak sampai terjadi kasus-kasus kematian.

Lalau bagai mana cara memberikan pertolongan pada tersendak ?

Berikut beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk menolong orang yang tersendak

  1. Tanyakan pada korban apakah tersendak sesuatu. Pertanyaan ini disajikan untuk membedakan antara tersendak dan penyakit lain yang menyebabkan terganggu nya pernapasan. Jika penderita masih bisa menjawab dengan jelas makan cukup didampingi saja, jika tidak segera berikan pertolongan.
  2. Jangan memberikan minum apapun karena cairan yang masuk tersebut bisa menghambat udara.
  3. Lakukan lima kali tepukan (back blow) di antara dua tulang pungguang dengan tumit tangan anda.
  4. Selanjutnya lakukan lima kali abdominal thrusts.
  5. Lakukan secara bergantian antara back blow dan abdominal thrust sampai sumbatan pada pasien keluar.
  6. Jika objek berhasil keluar korban harus segera di bawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.
  7. Jika benda asing tersebut tidak bisa di keluarkan dari dalam tubuh segera larikan kerumah sakit sebelum penderita kehabisan napas.

Tambahan :

Cara melakukan abdominal thrusts pada penderita sadar

  • Berdiri dan berlutut di belakang korban dan posisikan tubuh anda sesuai dengan tinggi tubuh korban oleh karena itu pada pasien anak, anda harus melakukannya sambil berlutut.
  • Kepalkan salah satu telapak tangan anda
  • Letakan kepala tangan anda dengan ibu jari menempel ke ding-ding perut korban. Posiskan kepala tangan anda dua jari di atas pusat korban. Jangan anda memposisikan kepala tangan anda diulu hati.
  • Lakukan penekanan kearah belakang dan atas sampai benda asing keluar atau sampi korban menjadi jatuh tidak sadar.

Cara Melakukan Abdominal Thrusts Pada Pendeita Tidak Sadar

  • Rebahkan penderita sampai pungungnya menyentuh lantai
  • Bebaskan jalan napas. Jika anda melihat adanya penyumbatan segera mabil dengan jari dengan cara di jepit atau berikan sapuan jari. Lakukan dengan hati-hati makanana atau benda tersebut tidak masuk lebih dalam kesaluran napas.
  • Mulailah melakukan RJP jika objek atau benda tersebut tetap tidak bisa keluar setelah anda mengambil langkah-langkah di atas. Penekanan dada yang di guakan dalam RJP dapat membantu mengeluarkan benda tersebut. Jangan lupa untuk terus memeriksa mulut korban secara berkala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *