Menu

Pertolongan Pertama Pada Cedera Mata

Pertolongan Pertama Pada Cedera Mata

Cedera mata dapat terjadi pada siapapun dan dimana pun. Cedera ini tidak bisa dianggap enteng sebab tanpa mata yang normal, kita tidak melakukan aktivitas atapun dengan normal. Bahkan jika berujung kebutaan, penderita sama sekali tidak akan dapat melihat kembali karena yang terjadi bukan gangguan ringan namun kasus yang sangat berat. Cedera mata banyak jenisnya, mulai dari yang ringan, seperti terkena debu atau kemasukan hewan kecil, sampai yang berat seperti tusukan benda tajam. Untuk itu diperlukan penanganan yang tepat dalam memberikan pertolongan pada penderita yang terkena cedera mata ini.

Pertolongan Secara Umum

Untuk memudahkan dalam memberikan pertolongan pada penderita cedera mata diantra nya :

  • Jika mendapatai penderita cedera mata, usahakan jangan langsung menekan mata, terutama jika bola matanya juga mengalami cedera.
  • Bila terdapat benda tertanam di mata atau luka syart, jangan berusaha membersihkannya.
  • Jangan mencabut benda yang menancap.
  • Jangan berupaya memasukan bola mata yang keluar.
  • Kurangi gerakan mata.
  • Tutup mata yang sehat untuk mencegah gerakan mata yang cedera. Sebab pergerakan mata merupakan pergerakan mata merupakan pergerakan yang simultan kiri dan kanan.
  • Segera rujuk ke rumah sakit.

Kelilipan

Cedera ini paling umum terjadi pada mata, saat melakukan aktifits, tiba-tib ada kotoran yang ke dalam mata sehingga mata tidak bisa melek, bukan hanya debu hewan-hewan kecil juga bisa masuk ke dalam mata ketika kita sedang berkendara pada petang hari. Meskipun tidak serius hal ini sangat mengganggu. Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kelilipan.

  • JANGAN DIKUCEK

Pada umumnya ketika mata kemasukan benda-benda asing, kita langsung menguceknya supaya benda tersebut keluar. Tindakan ini sering kali dilakukan karena biasanya memang berhasil. Namun demikian ini adalah cara yang kurang baik sebab mengucek mata dapat menggores karena dan menyebabkan terjadinya iritasi pada mata, seperti timbulnya merah dan gatal.

  • BERSIHKAN DENGAN AIR

Sebaiknya bersihkan mata dengan air atau berikan obat tetes mata. Bilas mata dengan air bersih dan sebaiknya cuci dengan air yang mengalir sehinga atau debu hewan-hewan kecil yang ada di mata bisa ikut keluar terbawa oleh air tersebut.

  • MINTA BANTUAN ORANG LAIN

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi kelilipan adalah meminta bantuan orang lain. Minta agar orang tersebut meniup mata anda. Dengan cara tersebut diharpakan kotoran bisa keluar dari mata.

  • Perhatian : Jika mata masih terasa perih, merah, dan berair segera kunjungi dokter mata terdekat.

Terkena Zat Kimia

Saat ini zat-zat kimia sudah sangat akrab dengan kehidupan manusia. Banyak sekali produk yang diproduksi dengan campuran bahan-bahan berbahaya. Sebut saja misalnya produk kebersihan. Mengenai mata zat tersebut bisa jadi sangat berbahaya bagi mata.

  • Siram dengan Air

Ketika terkena zat kimia, segera siram mata dengan air bersih yang sangat hangat. Buka kelopak mata atas bawah, tarik bulu matanya suapay kelopak tidak menyentuh bola mata. Posisi ini memungkinkan masuknya air bersih lebih banyak dan dapat mencuci seluruh permukaan bola matadan kelopaknya.

  • Lepaskan Lensa Kontak

Jika penderita menggunakan lensa kontak, segera lepaskan dengan cara yang aman, sebelum dipakai lagi cuci dengan meggunakan sabun.

Bawa Ke Rumah Sakit Terdekat Atau Ke Dokter Terdekat

Tidak perlu menunggu waktu lama untuk pergi ke dokter. Setelah pertolongan pertama dilakukan segera bawa penderita ke rumah sakit atau dokter terdekat. Bawalah kemasan dari kimia  yang mengenai mata tadi ke rumah sakit.

Mata Terkena Pukulan

Jika Mata terkena pukulan misalnya tanpa sengaja tonjokan teman ketika becanda ria, pertolongannya adalah sebagi berikut

  • Kompres mata dengan air dingin atau es batu tanpa ditekan selama 10-15 menit untuk menghindari pembengkakan. Kujungi dokter sebelum muncul rasa nyeri berkelanjutan yang bisa mengakibatkan pendarahan dan luka internal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *