Menu

Pertolongan Pertama Pada Gigi Copot

Pertolongan Pertama Pada Gigi Copot

Banyak hal yang dapat menyebabkan gigi tanggal atau copot (Iavulsion). Biasanya ini disebabkan oleh benturan yang cukup keras. Orang yang jatuh atau kecelakaan ketika naik motor, sangat potensional untuk mengalami gigi tanggal. Begitu juga trauma akibat kecelakaan ringan seperti terbentur dinding atau balok, juga berpotensi untuk menyebabkan terjadinya tanggal pada gigi. Gigi tanggal juga bisa terjadi karena suatu penyakit tertentu, seperti radang gusi.

Gigi tanggal masih bisa dipasang kembali

Biasanya gigi tanggal dapat menimpa gigi seri (gigi depan) dan pada gigi tetap (bukan pada gigi susu). Pada orang dewasa, dalam beberapa kasus, gigi yang tanggal dapat dipasang kembali dengan cara menanamkan gigi tersebut kembali ke lubang nya. Tapi ingat, ada istilah yang disebut golden periode. Adalah masa dimana gigi copot masih dapat baik kembali setelah dipasangkan, kurang lebih paling lama setengah jam setelah gigi copot. Oleh karena itu, proses pemasangan kembali harus dilakukan sesegera mungkin.

Pertolongan pertama

Lalu bagaimana pula cara memberikan pertolongan yang baik dan benar pada penderita? Berikut adalah beberapa tips untuk memberikan pertolongan pertama pada kasus gigi tanggal.

  • Pertama-tama, anda memegang gigi pada bagian mahkotanya. Memegang selain mahkota sangat tidak dianjurkan karena bisa membuat gigi tanggal tidak bisa dipasang kembali.
  • Jaga soket (tempat gigi yang lepas) agar tetap bersih dan jangan memasukan bahan-bahan apapun kedalaman nya, misalnya bethadine, alcohol, kapas, dan lain-lain.
  • Jangan membersihkan gigi atau menggosokan nya dengan benda apapun, seperti apapun kondisinya.
  • Lebih baik dibilas saja namun jangan lakukan dibawah air yang mengalir seperti dibawah kran. Anda hanya disarankan melakukannya didalam ember yang sudah diisi air bersih terlebih dahulu. Lakukan pembilasan dengan hati-hati .
  • Jika memungkinkan, masukan gigi kembali ke tempat semula. Kemudian pelan-pelan gigit gigi tersebut untuk menekan gigi ke dalam lubangnya. Disini, anda bisa menggunakan perban, kantong teh celup, atau kain yang sudah dibasahi dengan air dingin disela-sela gigitan tersebut. Tujuannya adalah agar gigi tersebut tidak mengalami tekanan yang terlalu frontal.
  • Jika tidak berhasil dilakukan, segera masukan gigi ke dalam wadah yang berisi susu cair atau simpan dalam mulut tepat dibawah lidah atau pada vestibulum bukal sehingga tetap di basahi oleh saliva (ludah) atau dalam larutan air garam dengan takaran kurang lebih seperempat sendok teh yang dicampur ke dalam 1 liter air.
  • Selanjutnya, segera rujuk ke dokter gigi terdekat dengan membawa gigi tersebut tetap dalam wadah nya.

BACA Juga : Pertolongan Pada  Orang Yang Tenggelam Pertolongan Pada Orang Yang Kesetrum

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *